Pengaruh kompetensi pelaku usaha terhadap kinerja UKM kerajinan jaket kulit Garut (studi kasus sentra industri kerajinan jaket kulit Sukaregang)

Satrisna Nugraha, Tan (2013) Pengaruh kompetensi pelaku usaha terhadap kinerja UKM kerajinan jaket kulit Garut (studi kasus sentra industri kerajinan jaket kulit Sukaregang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelaku UKM sentra kerajinan jaket kulit Sukaregang Garut. Fenomena yang terjadi adalah tidak terdapat peningkatan dalam hal mutu maupun peningkatan penghasilan bahkan hingga kebangkrutan, meski telah diupayakan pembinaan dan penyuluhan tentang bagaimana agar pemilik usaha dapat meningkatkan dan memajukan bidang usahanya, namun dikarenakan kompetensi yang kurang maka pembinaan baik itu dari organisasi masyarakat maupun pemerintah menjadi tidak berhasil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pelaku usaha terhadap kinerja UKM kerajinan jaket kulit Garut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pelaku UKM kerajinan jaket kulit di sentra kerajinan jaket kulit Sukaregang Garut sebanyak 80 orang sebagai sampel pendukung. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson, analisis regresi linier, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan bantuan program spss 17.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi pelaku usaha dengan sub variabel kompetensi pengetahuan, kompetensi kemampuan dan kompetensi keterampilan secara keseluruhan termasuk kriteria cukup baik, namun indikator intensitas kerja sama dengan rekan bisnis menunjukkan kriteria yang kurang baik karena pelaku usaha kurang memiliki keterampilan dalam pergaulan bisnis. Sedangkan untuk sub variabel kompetensi pengetahuan memiliki dominan dalam pengaruh nya terhadap kinerja. Kompetensi pelaku usaha berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja. Kemudian dampak secara simultan lebih besar daripada parsial. Sehingga ini berarti kompetensi secara menyeluruh perlu lebih ditingkatkan agar kinerja UKM kerajinan jaket kulit Garut menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pengetahuan, Kemampuan, Keterampilan, Kinerja
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24387

Actions (login required)

View Item View Item