Perubahan Dividend Payout Ratio (DPR) Melalui Arus Kas Bebas Rasio Leverage (Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2013)

Ferdania, Risha (2015) Perubahan Dividend Payout Ratio (DPR) Melalui Arus Kas Bebas Rasio Leverage (Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013 mengalami peningkatan dan penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar perubahan Dividend Payout Ratio (DPR) dipengaruhi oleh arus kas bebas dan rasio leverage.Dalam penelitian ini arus kas bebas dan rasio leverage yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) sebagai variabel independen dan Dividend Payout Ratio (DPR) sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan 16 perusahaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013 yang berjumlah 64 laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) arus kas bebas mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap rasio leverage (2) perubahan DPR dipengaruhi secara parsial oleh arus kas bebas dengan pengaruh positif signifikan (3) perubahan DPR dipengaruhi secara parsial oleh rasio leverage dengan pengaruh negatif tidak signifikan (4) perubahan DPR dipengaruhi secara simultan oleh arus kas bebas dan rasio leverage dengan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: rus Kas Bebas, Rasio Leverage, Dividend Payout Ratio
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24390

Actions (login required)

View Item View Item