Strategi Humas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam penyebarluasan informasi kepada setiap bagian melalui penyebaran kliping

Dani Murdani, Candra (2013) Strategi Humas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam penyebarluasan informasi kepada setiap bagian melalui penyebaran kliping.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Humas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dalam Penyebarluasan Informasi Kepada Setiap Bagian Melalui Penyebaran Kliping. Untuk menjawab tujuan diatas maka peneliti mengangkat beberapa indikator sebagai sub fokus meliputi pengumpulan fakta, definisi permasalahan, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi dan evaluasi program. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Humas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam penyebarluasan informasi kepada setiap bagian melalui penyebaran kliping.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif, peneliti terjun langsung kelapangan, bertindak sebagai pengamat. Teknik sampling yang digunakan Purposive sampling merupakan pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Subjek pada penelitian ini adalah humas berkaitan dengan penyebaran kliping. Sehingga informan yang dipilih sebanyak 4 orang yaitu dua staf humas dan dua orang lagi Kasubag Kepegawaian & Umum dan staf Kurikulum PLB.Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini berdasarkan Pengumpulan Fakta kegiatan membuatan kliping merupakan kegiatan yang rutin dilakukan, Definisi Permasalahan masih terdapat permasalahan dari jumlah personil humas dan respons yang kurang. Perancanaan dan program humas telah memiliki perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. Aksi dan Komunikasi berjalan dengan baik dengan memperhatikan identitas dari kliping berita tersebut. Evaluasi Program dilakukan dalam sebuah forum yang dilakukan satu tahun sekali. Strategi humas dalam penyebaran kliping sudah berjalan cukup baik, walaupun masih terdapat beberapa permasalahan dalam definisi permasalahan.Saran dalam penelitian ini humas senantiasa dapat membina hubungan yang baik dengan para pegawai pada setiap bagian dengan diadakannya kegiatan. Agar diharapkan setiap bagian dapat memberikan respons yang lebih baik dalam melakukan klarifikasi dari sebuah pemberitaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi humas, penyebarluasan informasi, penyebaran kliping
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24423

Actions (login required)

View Item View Item