Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Down Syndrome (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak yang Mengalami Down Syndrome di Kota Bandung)

Sadikin, Rahmat (2016) Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Down Syndrome (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak yang Mengalami Down Syndrome di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Pola Komunikasi Orangtua Dengan Anak Down Syndrome di Kota Bandung, untuk menjawab masalah gagasan yang diatas maka diangkat sub-fokus perhatian sebagai berikut : Proses Komunikasi Orangtua dengan Anak Down Syndrome di Kota Bandung dan Hambatan Komunikasi Orangtua dengan Anak Down Syndrome di Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih berdasarkan pada Orang tua yang telah memiliki anak yang dimana anaknya tersebut memiliki kebutuhan khusus seperti anak down syndrome. Informan terdiri dari empat orang tua yang memiliki anak yang memang memiliki kebutuhan khusus seperti anak down syndrome, informan penelitian selanjutnya adalah seorang dari lembaga Bandung Physical Training yang bekerja untuk memberikan pelatihan fisik untuk anak yang mengidap down syndrome. Data penelitian diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis datanya adalah dengan Reduksi Data,Pengumpulan Data,Penyajian Data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Proses komunikasi yang terjadi antara orang tua dengan anak down syndrome, orang tua yang memiliki anak dengan mengidap down syndrome. Bahwa tiap keluarga hampir sama proses komunikasinya dan adanya ketidak efektifan komunikasi yang berbeda-beda tiap keluarga yang memiliki anak yang mengidap down syndrome, proses komunikasi yang terbentuk diberikan melalui kebiasaan yang dibentuk oleh orang tua si anak. Hambatan Komunikasi yang terjadi antara orang tua dengan anak berupa gangguan komunikasi yang berasal dari telatnya perkembangan mental dan tumbuh kembang anak yang mengidap down syndrome. Kesimpulan terdapatnya pola komunikasi yang berbeda tiap keluarga yang memiliki anak yang mengidap down syndrome, hambatan seperti hambatan gangguan fisik dan prasangka menjadi hambatan komunikasi antara orang tua dengan anak down syndrome. Saran untuk orang tua yang memiliki anak yang berkebutuhan khusus bisa melakukan komunikasi yang berulang atau berkelanjutan agar terciptanya proses komunikasi yang efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24432

Actions (login required)

View Item View Item