Pengaruh stuktur modal dan likuiditas terhadap profitabilitas (studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor industri logam dan barang dari logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Anwar, Saeful (2013) Pengaruh stuktur modal dan likuiditas terhadap profitabilitas (studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor industri logam dan barang dari logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bagi perusahaan struktur modal dan likuiditas merupakan aspek penting yang dapat meningkatkan atau menurunkan profitabilitas (ROE) jika dikelola dengan efisien, efektif dan ekonomis. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor industri logam dan barang dari logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana struktur modal, likuiditas, dan profitabilitas (ROE). (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh struktur modal dan likuiditas terhadap profitabilitas (ROE) secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Unit analisis dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan yaitu tahun 2006-2011. Sedangkan analisa data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 18.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa masing-masing variabel yaitu variabel struktur modal berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan yang negatif terhadap profitabilitas (ROE). Dan variabel likuiditas berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan yang negatif terhadap profitabilitas (ROE). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel struktur modal dan likuiditas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROE).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas (ROE).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24465

Actions (login required)

View Item View Item