Pengaruh kepemilikan manajerial dan rasio pengembalian aktiva terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Ratna Ningsih, Hana (2013) Pengaruh kepemilikan manajerial dan rasio pengembalian aktiva terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelaku perbankan menjadikan go public sebagai pilihan terbaik untuk menghimpun dana dari penjualan saham di bursa efek. Untuk menarik minat investor, setiap perusahaan akan meningkatkan nilai perusahaan yang tercermin dari harga saham. Namun dalam proses meningkatkan nilai perusahaan seringkali pengelola perusahaan terbentur pada kepentingan antara pemegang saham dengan kepentingan individu yang sering disebut masalah keagenan. Adanya kepemilikan oleh pihak manajemen dapat mengurangi masalah tersebut selain itu dapat pula meningkatkan pengawasan dalam pengelolaan aktiva perusahaan. Sehingga semakin tinggi nilai Return On Asset menandakan bahwa adanya kepemilikan manajerial yang tinggi dan pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode analisis statistik. Metode Sampling purposive digunakan untuk mengetahui kepemilikan manajerial, Return On Asset dan nilai perusahaan dengan data berasal dari laporan keuangan perusahaan. Kemudian semua variabel dianalisis dengan regresi liner berganda untuk mengetahui pengaruhnya secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian menemukan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sementara Return On Asset tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan kepemilikan manajerial dan Return On Asset berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : Kepemilikan Manajerial, Return On Asset, Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24488

Actions (login required)

View Item View Item