Representasi Solidaritas Pecinta Alam Dalam Film Pencarian Terakhir (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Solidaritas Pencinta Alam Dalam Film Pencarian Terakhir Karya Affandi Abdul Rachman)

Siti Destiawati, Alfiah (2015) Representasi Solidaritas Pecinta Alam Dalam Film Pencarian Terakhir (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Solidaritas Pencinta Alam Dalam Film Pencarian Terakhir Karya Affandi Abdul Rachman).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi solidaritas pecinta alam dalam film Pencarian Terakhir. Untuk menjelaskannya, maka fokus masalah tersebut peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu makna denotatif, makna konotatif, dan makna mitos/ideologi dalam film Pencarian Terakhir.Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes untuk mengetahui denotatif, konotatif, dan mitos/ideologi yang tersembunyi dalam film tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studi pustaka, penelusuran data online, dan observasi. Objek yang dianalisis merupakan scene yang terdapat dalam film Pencarian Terakhir dengan mengambil sepuluh scene.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga makna sesuai dengan semiotik Roland Barthes. Makna denotatif seorang pendaki yang sedang mengikatkan tali rapia berwarna kuning kepada tangkai pohon. Makna konotatif Dengan mengikatkan tali ke batang pohon agar teman-temannya mengikuti jalur yang sudah di tandai dengan tali tersebut. Sedangkan makna mitos/ideologi merupakan sebuah tanda agar tidak tersesat.Kesimpulan yang dihasilkan memperlihatkan bahwa solidaritas merupakan kesetiakawanan yang timbul tanpa disadari saling perduli dan saling menolong. Terlihat dengan adanya seseorang yang mencoba mengikatkan tali kebatang pohon yang menandakan agar teman-temannya tidak tersesat. Makna yang terkandung mencakup kedalam mitos/ideologi.Peneliti memberikan saran bagi para sineas agar dapat membuat sebuah film dengan mengangkat realitas yang ada di masyarakat ke dalam sebuah film dengan tampilan yang menarik, dan film tersebut harus mengandung nilai yang dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotik, solidaritas, film
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24490

Actions (login required)

View Item View Item