Pengaruh pengalaman, due professional care, dan independensi auditor terhadap kualitas audit (survey pada auditor inspektorat dan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat)

Basit Fauzi Nugraha, A (2013) Pengaruh pengalaman, due professional care, dan independensi auditor terhadap kualitas audit (survey pada auditor inspektorat dan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kualitas Audit ditentukan oleh dua faktor yaitu kompetensi dan independensi. Kompetensi berkaitan dengan pengetahuan, pengalaman, pendidikan, serta penggunaan kemahiran professional yang cermat dan seksama (due professional care). Sedangkan independensi berkaitan dengan etika yang harus dijaga oleh seorang auditor untuk tidak memihak kepada pihak manapun dalam melakukan audit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengalaman, due professional care, dan independensi auditor terhadap kualitas audit, serta mengetahui pengaruhnya baik secara simultan maupun parsial pada auditor Inspektorat dan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan 37 responden yang meliputi Auditor Inspektorat dan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat.Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi, analisis data menggunakan Path Analysis, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan aplikasi PSAW 18 for windows.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas Pengalaman dan Due Professional Care secara umum sudah baik, sedangkan Independensi masih berada dalam kategori cukup. Selanjutnya hasil penelitian berdasarkan metode verifikatif menunjukan bahwa Pengalaman, Due Professional Care, dan Independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit baik secara simultan maupun parsial.Hal ini mengindikasikan bahwa semakin berpengalaman serta memiliki sikap due Professional Care dan independensi pada diri auditor maka kualitas audit yang dihasilkan oleh Inspektorat dan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat akan meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, Due Professional Care, Independensi, Kualitas Audit
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24491

Actions (login required)

View Item View Item