Membangun e-commerce di Campus Fashion Centre

Sasmita, Dadang (2013) Membangun e-commerce di Campus Fashion Centre.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Campus Fashion Centre merupakan bisnis yang bergerak dibidang penjualan barang fashion yang berlokasi di Jember. Konsumen untuk dapat berbelanja atau memperoleh informasi barang yang dijual harus datang ke toko secara langsung, dengan demikian konsumen yang berada di luar wilayah Jember akan mengalami kendala. Pengolahan yang dilakukan di Campus Fashion Centre dengan cara manual rentan terhadap tidak konsistennya data dan akan berdampak pada hasil pelaporan yang tidak akurat.Untuk mengatasi kendala tersebut maka perlu dibangun e-commerce sebagai penunjang sistem penjualan yang telah ada. Penerapan E-commerce diharapkan mampu memberikan kemudahan kepada konsumen yang berada diluar wilayah Jember untuk mendapatkan informasi mengenai barang yang dijual dan memperoleh kemudahan dalam proses berbelanja. Metode pembayaran yang digunakan yaitu melalui transfer rekening dan payment gateway Paypal. Dari sisi keamanan digunakan protocol HTTPS. Data diorganisasikan dalam database sehingga lebih mudah dilakukan pengolahan. Untuk memaksimalkan penggunaan situs ditambahkan fitur web analytics, dari web analytics akan dihasilkan informasi berupa pola waktu berkunjung, asal kunjungan dan pola kunjungan terhadap barang. Aplikasi e-commerce akan dikembangkan dengan pemodelan perangkat lunak berbasis objek dengan tools pemodelan UML (Unified Modeling Language) dan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dengan metode MVC (Model-View-controller) dan data disimpan pada DBMS MySQL.Berdasarkan hasil pengujian alpha yang dilakukan dengan jenis pengujian black box didapatkan hasil bahwa fungsionalitas yang ada pada aplikasi e-commerce telah berjalan dengan baik dan menghasilkan keluaran seperti yang diharapkan. Pengujian beta dilakukan dengan cara kuesioner pada konsumen dan menghasilkan kesimpulan bahwa aplikasi e-commerce dapat membantu konsumen yang berada diluar wilayah Jember untuk mendapat informasi barang yang dijual, serta memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi belanja. Pengujian beta juga dilakukan pada pihak pengelola dengan cara wawancara kepada pimpinan dan menghasilkan kesimpulan bahwa pengolahan data yang dihasilkan menjadi lebih terperinci. Dengan fitur web analytics mampu memberikan informasi mengenai pola kunjungan situs sehingga penggunaan situs dapat lebih optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Web Analytics, UML
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24497

Actions (login required)

View Item View Item