Pembangunan game first person shooter 3D sejarah pertempuran 10 November 1945 Surabaya berbasis desktop

Sulistio, Triantoro (2013) Pembangunan game first person shooter 3D sejarah pertempuran 10 November 1945 Surabaya berbasis desktop.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan Sejarah merupakan salah satu wahana dalam pendidikan yang sangat penting bagi suatu bangsa, akan tetapi saat ini pendidikan sejarah dianggap sebagai sesuatu yang tak bermakna, penuh dengan beban hafalan yang tak mengembangkan kemampuan berfikir kritis, tak berkaitan dengan realita kehidupan dan tidak membangkitkan rasa ingin tahu. Salah satu sejarah pertempuran yang patut dikenang adalah sejarah Pertempuran 10 November 1945, karena pertempuran ini merupakan salah satu pertempuran yang menceritakan tentang kontak senjata yang terjadi di Surabaya antara pasukan Indonesia dan pasukan Sekutu berkaitan dengan rencana agresi milliter tentara Inggris.Penelitian ini dimaksudkan untuk membuat sebuah media yang menarik berupa game, yang di dalamnya terdapat informasi-informasi terkait sejarah Pertempuran 10 November 1945 yang mampu menjadi media pembelajaran pendidikan sejarah yang menarik untuk disimak. Aplikasi game ini ditujukan untuk semua kalangan mulai dari usia 16 tahun ke atas. Sedangkan untuk pemodelannya, aplikasi ini menggunakan pemodelan berorientasi objek dan dibangun menggunakan Unity 3d game engine serta Autodesk 3ds Max untuk pembuatan modeling atau karakter. Algoritma yang digunakan adalah Algoritma A* (A Star) untuk pencarian jalan pada NPC dan Logika Fuzy (Fuzzy Logic) untuk pemilihan keputusan pergerakan NPC. Game ini berbasis desktop dan hanya dapat digunakan dengan sistem operasi windows xp keatas.Tahap pengujian sistem yang dilakukan terdiri dari pengujian alpha berupa pengujian blackbox dan pengujian whitebox kemudian dilanjutkan dengan pengujian beta menggunakan kuesioner. Setelah dilakukan pengujian alpha dan beta, maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan hasil yang diharapkan, dengan tampilan aplikasi game yang cukup menarik dan di dalamnya terdapat informasi-informasi seputar sejarah Pertempuran 10 November 1945 yang dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Sejarah, Pertempuran 10 November 1945, Media Pembelajaran, Game edukasi, Pengujian sistem.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24498

Actions (login required)

View Item View Item