Pembangunan website e-commerce penjualan produk fashion di Toko Chillight

Nur Setiawan, Iryan (2013) Pembangunan website e-commerce penjualan produk fashion di Toko Chillight.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Toko Chillight merupakan satu dari sekian banyak badan usaha yang bergerak di bidang penjualan pakaian. Di dalam proses bisnisnya Toko Chillight masih menggunakan cara konvensional. Media promosi yang digunakan saat ini masih terbatas yaitu dengan cara saling memberi informasi antar pelanggan, serta melalui brosur yang berisi katalog produk yang ada di toko. Hal ini akan menjadi masalah apabila terjadi perubahan data mengenai produk yang ditawarkan, maka perusahaan harus mempromosikannya kembali yang menyebabkan biaya yang besar untuk kegiatan tersebut. Promosi ini juga menyebabkan pembeli yang belum mengetahui letak Toko Chillight harus bersusah payah mencari lokasi Toko Chillight untuk membeli produk yang mereka inginkan.Aplikasi e-commerce menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi Toko Chillight. Dalam proses pembangunan aplikasi e-commerce ini menggunakan teknik analisis data yaitu menggunakan metode pembangunan perangkat lunak secara waterfall. Untuk metode aliran data sistem menggunakan metode terstruktur yaitu menggunakan DFD (Data Flow Diagram) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD (Entity Relationship Diagram) untuk menggambarkan model data. Aplikasi e-commerce ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian Front End dan Back End. Bagian Front End digunakan untuk pengujung dan pelanggan, yang dilengkapi dengan fasilitas pendaftaran member, dapat melakukan pembelian, pembayaran melalui PayPal maupun transfer antar bank atau melalui rekening, tracking barang, serta retur barang. Bagian Back End dikelola oleh pihak toko yang terdiri dari pengolahan data master, data transaksi, pembuatan laporan, serta backup dan restore database. Aplikasi e-commerce ini dilengkapi dengan Security Socket Layer (SSL) untuk memberikan jaminan keamanan kepada pelanggan maupun bagi pemilik perusahaan.Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta terhadap layanan e-commerce di Toko Chillight, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan e-commerce ini mempermudah Toko Chillight dalam mempromosikan produknya kepada pembeli dengan media sarana promosi yang baik, mempermudah pembeli untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai produk yang dijual di Toko Chillight serta pembeli dapat lebih mengetahui keberadaan Toko Chillight, membantu Toko Chillight dalam menjual produknya dengan mengikuti gaya hidup masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penjualan, promosi, e-commerce, waterfall, online
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24499

Actions (login required)

View Item View Item