Analisis performansi first in first out (FIFO), deficit round robin (DRR), dan random exponential marking (REM) pada jaringan ad-hoc

Pancawindu, Pahlawanto (2013) Analisis performansi first in first out (FIFO), deficit round robin (DRR), dan random exponential marking (REM) pada jaringan ad-hoc. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Jaringan mobile Ad-Hoc adalah kumpulan node yang tidak terhubung kabel (wireless) yang membentuk suatu jaringan yang bersifat sementara tanpa adanya struktur dan administrasi yang terpusat dengan karakteristik topologi yang dinamis. Banyak kendala yang akan dihadapi dalam hal performansi. Kendala tersebut adalah pengaruh jumlah node, pengaruh kecepatan node, dan pengaruh besar paket data yang mana akan mempengaruhi nilai Throughput, Packet Loss, One Way Jitter, Inter Arrival Jitter, dan delay. Metode penjadwalan data merupakan salah satu solusi untuk meminimalisasi penurunan performansi. Metode penjadwalan data yang akan diteliti adalah First In First Out (FIFO), Deficit Round Robin (DRR), dan Random Exponential Marking (REM). Dari ke-3 metode penjadwalan data diatas belum ada yang meneliti untuk dibandingkan performansinya. Oleh karena itu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui metode mana yang lebih baik dalam hal performansi.Perbandingan performansi dilakukan dengan membuat skenario tentang pengaruh jumlah node, pengaruh kecepatan node, dan pengaruh besar paket data. Metode penjadwalan data First In First Out (FIFO), Deficit Round Robin (DRR), dan Random Exponential Marking (REM) didalam router diteliti serta dianalisis dalam hal Throughput, Packet Loss, One Way Jitter, Inter Arrival Jitter, dan delay dengan menggunakan teknik routing Destination Sequence Distance Vector (DSDV) sesuai dengan skenario yang telah dirancang.Tiga metode antrian di atas dianalisis dan diimplementasikan pada sistem. Setelah diimplementasikan akan didapat hasil bahwa setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Deficit Round Robin (DRR) unggul dalam Throughput dan Delay, First In First Out (FIFO) unggul dalam Packet Loss, dan Random Exponential Marking (REM) unggul dalam One Way Jitter dan Inter Arrival Jitter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jaringan Ad-Hoc, Wireless, First In First Out (FIFO), Deficit Round Robin (DRR), Random Exponential Marking (REM), Destination Sequence Distance Vector (DSDV).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24510

Actions (login required)

View Item View Item