Pola partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase (studi kasus: Perumahan Pondok Ungu Permai, Kelurahan Kaliabang Tengah, Bekasi Utara)

Setio Harman, Rio (2013) Pola partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase (studi kasus: Perumahan Pondok Ungu Permai, Kelurahan Kaliabang Tengah, Bekasi Utara). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Di Perumahan Pondok Ungu Permai, Kelurahan Kaliabang Tengah, masih terdapat masalah, antara lain, adanya saluran drainase permukiman yang tidak terpelihara, yang dapat dilihat dari rusaknya bangunan fisik saluran drainase dan saluran air yang tersumbat. Selama ini masyarakat di Perumahan Pondok Ungu Permai sudah berpartisipasi dalam pemeliharaan maupun perbaikan saluran drainase. Meskipun demikian, tidak semua wilayah Perumahan Pondok Ungu Permai kondisi saluran drainasenya baik. Ada kemungkinan di wilayah dengan kondisi saluran drainasenya baik pola partisipasinya juga baik dan sebaliknya. Selain itu ada juga kemungkinan perbedaan pola partisipasi dalam pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pola partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase di lingkungan perumahan. Sasaran yang hendak dicapai dalam studi ini adalah penilaian kondisi saluran drainase, teridentifikasinya pola partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan dan perbaikan berdasarkan kondisi saluran drainase. Dari hal tersebut dapat teridentifikasi adanya perbedaaan pola partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang merupakan metode untuk melakukan kajian tentang pola partisipasi masyarakat terhadap pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase di Perumahan Pondok Ungu Permai, Kelurahan Kaliabang Tengah Kota Bekasi dan kaitanya dengan kondisi saluran drainase.Hasil studi ini menunjukkan bahwa pola partisipasi masyarakat di Perumahan Pondok Ungu Permai, Kelurahan Kaliabang Tengah dalam pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase, ternyata terdapat perbedaan antara persepsi dan preferensinya, baik di saluran drainase yang kondisinya rusak berat, sedang atau baik. Pola partisipasi juga berbeda untuk pemeliharaan dan perbaikan dalam hal pelaksanaan dan bentuk partisipasi. Perbedaan persepsi dan preferensi dalam pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase tersebut terpengaruh oleh kondisi sosial ekonomi responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Drainase perumahan, saluran air, planalogi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24516

Actions (login required)

View Item View Item