Manajemen trafik dan bandwidth menggunakan metode CBQ (class based queue) berbasis GNU/Linux untuk optimalisasi cloud computing

Hasdiyansyah, Andi (2013) Manajemen trafik dan bandwidth menggunakan metode CBQ (class based queue) berbasis GNU/Linux untuk optimalisasi cloud computing.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Cloud Computing merupakan layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan Internet. Dalam penerapan Cloud Computing dibutuhkan trafik yang baik agar performa dan keandalan sistem tetap terjaga. Salah satu metode yang digunakan untuk pengendalian trafik yaitu Class Based Queue (CBQ). CBQ adalah disiplin antrian yang mengatur pemakaian bandwidth jaringan yang dialokasikan untuk tiap user, dapat menerapkan pembagian kelas dan share link bandwidth melalui struktur kelas-kelas secara hirarki. Pengaturan trafik dan bandwidth berdasarkan alamat IP, Port atau antarmuka yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan keinginan. PC Router yang digunakan yaitu menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu. Pengujian dilakukan pada Local Area Network dengan topologi jaringan Star. Pengujian dilakukan terhadap parameter kualitas layanan yaitu, delay, packet loss, throughput dan Bandwidth. Hasil pengujian delay dan packet loss yang diperoleh menurut standar TIPHON termasuk dalam kategori sangat bagus dan nilai Throughput yang baik. Dengan menerapkan manajemen trafik dan bandwidth menggunakan metode CBQ, dapat memberikan prioritas terhadap aplikasi-aplikasi yang kritis pada jaringan Cloud Computing seperti aplikasi server dan memaksimalkan penggunaan investasi pada jaringan seperti memaksimalkan pemakaian bandwidth.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Trafik, Bandwidth, Delay, Packet Loss, Throughput
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24527

Actions (login required)

View Item View Item