Analisis kualitas layana pada VOIP untuk implementasi conference room berbasis web

Teguh Iskandar, Robby (2013) Analisis kualitas layana pada VOIP untuk implementasi conference room berbasis web.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

VoIP adalah teknologi yang memungkinkan kemampuan melakukan percakapan telepon dengan menggunakan jalur komunikasi data pada suatu jaringan. VoIP dapat diimplementasikan kedalam conference room dengan memanfaatkan sistem web conference yang terintegrasi dengan slide dan suara. Aplikasi yang digunakan pada teknologi VoIP merupakan aplikasi real time, penggunaannya yang akan selalu dituntut untuk memperbaiki kualitas layanan, seperti delay dan throughput. Pada aplikasi VoIP berbasiskan web, dibangun menggunakan aplikasi Bigbluebutton. Pengujian dilakukan pada saat melakukan conference dengan 2 client, 3 client sampai conference diakhiri. Pengujian dilakukan pada Local Area Network (LAN) dengan menggunakan topologi star. Hasil dari pengujian, menurut standard Tiphon dikatakan sangat baik dikarenakan delay yang diperoleh tidak melebihi dari 150 ms. Sedangkan throughput yang dihasilkan dari pengujian yang diperoleh juga cukup baik. Aplikasi Bigbluebutton termasuk kedalam tingkat kualitas layanan integrated service.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Delay, Throughput, Real Time
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24529

Actions (login required)

View Item View Item