Pembangunan infrastruktur cloud computing e-health sebagai layanan informasi kesehatan (di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat)

Miria Sasube, Irvie (2013) Pembangunan infrastruktur cloud computing e-health sebagai layanan informasi kesehatan (di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat sebagai penyelenggara bidang kesehatan tertinggi di Provinsi Jawa Barat, mempunyai fungsi sebagai pelaksanan urusan pemerintahan daerah bidang kesehatan dan penyedia informasi rumah sakit yang berada di Jawa Barat. Dalam perumusan dan penetapan kebijakan teknis urusan bidang kesehatan serta pengkoordinasian dan Pembina Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Sedangkan rumah sakit adalah instansi kesehatan di bawah naungan dinas kesehatan provinsi Jawa Barat dan pada umumnya E-health merupakan pemanfataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bidang kesehatan yang menghubungkan pusat kesehatan dan rumah sakit. E-health merupakan aplikasi berbasis TIK yang berkaitan dengan industri pelayanan kesehatan serta bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, serta kualitas pengolahan data medis yang melibatkan organisasi pelayanan medis di rumah sakit.Dengan adanya teknologi cloud computing maka dapat dibangun suatu arsitektur layanan pengolahan data akses informasi rumah sakit yang bernama Cloud E-health. Cloud E-health merupakan sarana penunjang program E-health yang menerapkan cloud computing, yaitu berupa layanan SaaS dalam bentuk Content Management System (CMS) dan layanan Infrastructure as a Service (Iaas) sebagai media penyimpanna data.Berdasarkan hasil dari penelitian dan pengujian, dapat disimpulkan bahwa E-Health menunjang program e-health, mengoptimalkan pemanfaatkan TIK, terciptanya keseragaman dan kemudahan dalam pengolahan informasi dan data rumah sakit secara online, sehingga terintegrasi dengan unit-unit pelayanan kesehatan dan UPTD berbasis cloud computing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-Health, Cloud Computing, Software as a Service (SaaS), Infrastruktur as a Service (IaaS).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24546

Actions (login required)

View Item View Item