Pembangunan aplikasi simulator Kecapi sebagai media promosi kebudayaan berbasis android studi kasus Dinas Priwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Risnandar, (2013) Pembangunan aplikasi simulator Kecapi sebagai media promosi kebudayaan berbasis android studi kasus Dinas Priwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seni budaya Indonesia terutama alat musik tradisional saat ini mulai terlupakan. Seiring dengan cepatnya arus informasi, mengakibatkan cepatnya budaya musik asing yang masuk dan mempengaruhi kehidupan masyarakat. Akhir-akhir ini, semakin sedikit orang yang mampu memainkan alat musik kecapi. Sedikitnya orang yang dapat memainkan kecapi, membuat kurangnya penyebaran informasi tentang bagaimana cara memainkan kecapi serta penyeteman (tuning) terhadap nada kecapi, karena dalam melakukan penyeteman nada tersebut, tentunya diperlukan kepekaan tinggi terhadap nada untuk menyelaraskan nada sehingga diperoleh nada yang tepat untuk setiap senarnya. Tentunya untuk memperluas penyebaran informasi tersebut diperlukan suatu sarana untuk menuangkan ide-ide dalam memainkan kecapi. Hal-hal yang telah dipaparkan inilah yang menjadi alasan untuk membuat sebuah Aplikasi simulator kecapi yang diimplementasikan pada platform Android. Sehingga Aplikasi ini dapat memperluas informasi bagaimana cara memainkan kecapi, mempermudah penyeteman (tuning) nada kecapi yang menggunakan algoritma fast fourier transform, membantu memberikan sarana untuk menuangkan ide dalam memainkan kecapi melalui fasilitas perekaman (recording). Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan beta terhadap aplikasi simulator kecapi ini, dapat diambil kesimpulan bahwa sistem yang dibangun sudah user friendly, mudah dioperasikan, sangat membantu dalam memperluas informasi mengenai alat musik kecapi sebagai alat musik kebudayaan Jawa Barat, sangat membantu dalam mempopulerkan alat musik kecapi, memberikan sarana menuangkan ide dalam permainan kecapi dan sangat membantu dalam proses penyeteman nada alat musik kecapi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: android, simulator kecapi, algoritma fast fourier transform
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24626

Actions (login required)

View Item View Item