Pembangunan e-training untuk mekanik dan pilot Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia pada kerusakan mesin pesawat latih Socata TB-10

Prihandoko, Boby (2013) Pembangunan e-training untuk mekanik dan pilot Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia pada kerusakan mesin pesawat latih Socata TB-10.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia - Curug (STPI Curug) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Departemen Perhubungan Republik Indonesia. Sistem pelatihan (training) di sekolah tinggi ini masih menggunakan konsep strategi pembelajaran ekspositori yang dikenal dengan istilah pembelajaran langsung (direct instruction) yang artinya semua materi pelajaran disampaikan langsung oleh instruktur dan mahasiswa dengan hanya mendengarkan. Terbatasnya waktu pelatihan di kelas terkadang menghalangi para instruktur dalam memberikan semua materi pelajaran kepada mahasiswa. Hal ini menjadi masalah tersendiri untuk mahasiswa dan instruktur yang ingin menyampaikan secara detil tentang mata pelajaran tersebut. Beberapa instruktur dan mahasiswa terdapat kesulitan yang banyak dikeluhkan para instruktur dan mahasiswa saat ini. Terkadang materi yang butuh pembahasan dalam waktu lama justru harus dijelaskan dalam waktu singkat.E-training merupakan singkatan dari Electronic training adalah cara baru dalam proses pelatihan yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-Training sendiri adalah bagian e-learning berupa kumpulan training yang digunakan untuk membantu peserta /pegawai mencapai tujuan pembelajaran institusi sebagai syarat meningkatkan keterampilan dan kinerjanya, disampaikan melalui elektronis dengan lisan, tulisan, ilustrasi, animasi, video atau kombinasinya Berdasarkan pengujian blackbox dan pengujian beta dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi secara fungsional mengeluarkan keluaran sesuai dengan harapan. Aplikasi ini membantu sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran, memfasilitasi instruktur untuk memberikan materi tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu, membantu komunikasi antara instruktur dan mahasiswa melalui forum, membantu instruktur mengetahui kelulusan mahasiswadari hasil ujian online, memudahkan instruktur untuk melakukan pengujian secara online.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: STPI, Socata TB-10, E-Training, Informasi, Direct Instruction
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24663

Actions (login required)

View Item View Item