Turn based strategy game menggunakan algoritma resource assignment pada perangkat mobile berbasis android

Madi Utomo, Riandanu (2013) Turn based strategy game menggunakan algoritma resource assignment pada perangkat mobile berbasis android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Turn-based strategy (TBS) game adalah turunan dari game dengan genre strategi dimana pemainnya saling bergiliran pada pengambilan keputusannya dalam bermain. Ketika game ini diadaptasi pada komputer, muncul sebuah kebutuhan baru dimana game harus dapat dimainkan oleh hanya satu pemain saja (single player). Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka ditanamkanlah Artificial Intelegence (AI) pada game. Peran AI pada game salah satunya adalah untuk menggantikan peran manusia dalam menjadi teman atau musuh dari pemain pada sebuah game. AI pada game TBS harus memiliki kemampuan berfikir dan berstrategi secara logis. Untuk memunculkan kemampuan tersebut, AI harus dapat memperhitungkan kondisi yang dialaminya sebagai dasar keputusan yang akan diambil.Algoritma resource assignment (RAA) adalah sebuah algoritma yang dapat menentukan sebuah nilai untuk sebuah objek yang memiliki resource berdasarkan nilai resource yang berasal dari objek lain maupun objek itu sendiri. Dalam penerapannya pada game ini, RAA akan menghitung nilai setiap kondisi yang dialami oleh AI dan menentukan keputusan yang harus diambil oleh AI. Permodelan yang digunakan dalam pembangunan game ini menggunakan UML (Unified Modeling Language).Game ini membutuhkan pemain (player) dengan umur minimal 10 tahun dan dapat mengoperasikan smartphone berbasis Android. Pembangunan game ini menggunakan Construct 2, sedangkan untuk implementasi game ini pada perangkat mobile menggunakan PhoneGap yaitu tools untuk yang berfungsi sebagai penghubung antara aplikasi berbasis HTML dan aplikasi berbasis mobile.Berdasarkan pengujian dengan menggunakan metode white box, black box, dan pengujian beta, penggunaan algoritma resource assignment pada game ini dapat memunculkan kemampuan berfikir dan berstrategi pada AI yang berarti AI menjadi lebih sulit diprediksi langkahnya. Berdasarkan hasil pengujian juga didapat hasil bahwa game turn-based strategy cocok diterapkan pada perangkat mobile.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Turn-Based Strategy, Game, Algoritma Resource Assignment, Perangkat Mobile
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24665

Actions (login required)

View Item View Item