Analisis algoritma minimax optimasi alpha-beta pruning terhadap waktu komputasi pada game congklak

Nurhasanah, Sarah (2013) Analisis algoritma minimax optimasi alpha-beta pruning terhadap waktu komputasi pada game congklak.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang bisa dimainkan di komputer dengan single player. Banyak algoritma kecerdasan buatan di aplikasikan pada permainan dalam menentukan solusi atau langkah dan membuat komputer lebih cepat dalam menentukan solusi, seperti Algoritma Minimax dan Alpha-Beta Pruning. Penelitian sebelumnya hanya menggunakan algoritma Minimax, namun memiliki kelemahan karena waktu eksekusi yang dibutuhkan sebanding dengan jumlah leaf-nya.Alpha-Beta Pruning akan mengurangi jumlah node yang dievaluasi oleh pohon pencarian. Algoritma ini akan berhenti mengevaluasi langkah ketika terdapat minimal satu langkah yang lebih buruk dari pada langkah yang dievaluasi sebelumnya, sehingga langkah berikutnya tidak perlu dievaluasi. Analisis dilakukan dengan melihat kompleksitas waktu t(n) dan notasi asimptotik Big Oh(O), serta menggunakan pohon pencarian dengan menggunakan perhitungan heuristik.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Minimax optimasi Alpha-Beta Pruning terbukti lebih cepat dari pada Minimax tanpa optimasi, akan terlihat dari kompleksitas waktu t(n) yang berbeda dan penelusuran langkah serta waktu dari komputasi komputer dalam mengambil solusi, hal tersebut terbukti dari beberapa pengujian dan dari hasil kompleksitas waktu t(n).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Congklak, Algoritma Minimax, Algoritma Alpha-Beta Pruning, Kompleksitas Waktu, Notasi Asimptotik, Heuristik dan Pohon Pencarian
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24679

Actions (login required)

View Item View Item