Perancangan aplikasi pengenalan alat musik tradisional Jawa Barat untuk Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Telagasari Karawang

Hasna Hadi, Lala (2013) Perancangan aplikasi pengenalan alat musik tradisional Jawa Barat untuk Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Telagasari Karawang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada perkembangannya saat ini handphone dapat melakukan berbagai hal diantaranya ialah telepon, mengirim Short Message Service (SMS), mengirimkan Multimedia Message Service (MMS), games, audio player, video player, browsing internet dan masih banyak kegunaan-kegunaan lainnya. Adapun dampak dari pesatnya perkembangan teknologi di masa sekarang khususnya di bidang informasi dan handphone membuat segala sesuatu yang sangat sulit ternyata dapat dilakukan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Dengan adanya aplikasi pengenalan alat musik tradisional ini diharapkan meningkatkan kemampuan anak dalam proses pembelajaran, dan menghilangkan rasa jenuh bagi anak untuk belajar. Pembelajaran yang kurang aktif dikarenakan pengajar menyampaikan materi pembelajaran masih menggunakan alat bantu yang kurang menarik, rendahnya minat belajar mengenalan alat musik tradisional disebabkan karena guru dalam menyampaikan materi kurang menarik. Penulis memilih anak SMP kelas 7 sebagai sampel, karena kesulitan proses pembelajaran secara teoritis yang diajarkan pada anak SMP, mengingat anak-anak lebih suka bermain.Penyusunan skripsi ini menggunakan perancangan metode pengembangan OOP (Object Oriented Programming). OOP merupakan suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek sehingga mempermudah pengembangan program. Alat bantu yang digunakan penyusun untuk menganlisis adalah UML (Unified Modelling Language), sedangkan aplikasi yang digunakan penyusun adalah Netbeans.Setelah adanya aplikasi pengenalan alat musik tradisional ini pembelajaran menjadi atraktif karena penyampaian materi dilengkapi dengan gambar dan suara .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Musik Tradisional, J2ME, UML
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24717

Actions (login required)

View Item View Item