Kaji teoritik dan eksperimental sinyal arus stator dan getaran badan motor pada motor induksi akibat eksentrisitas

M, and Ahmarudin, (2000) Kaji teoritik dan eksperimental sinyal arus stator dan getaran badan motor pada motor induksi akibat eksentrisitas.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tesis ini menyajikan hasil kaji teoritik dan eksperimental sinyal arus stator dan getaran badan motor yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya eksentrisitas. Kaji teoritik menunjukkan bahwa ekstentrisitas menimbulkan sinyal pada arus stator dan getaran badan motor pada suatu frekuensi tertentu – disebut frekuensi principal slot harmonic (PSH) dan Dynamic eccentricity component (DEC) – yang bergantung pada jumlah slot stator dan rotor, slip, dan jumlah pole. Hasil ini didasarkan pada logika bahwa eksentrisitas akan menimbulkan gelombang permeansi pada frekuensi tertentu yang amplitudonya akan membesar untuk harga eksentrisitas yang makin besar. Eksentrisitas juga dapat menyebabkan terjadinya kejenuhan medan magnetic yang akan menimbulkan gelombang permeansi tersendiri. Kedua gelombang permeansi tersebut bersama dengan gelombang permeansi pada celah udara karena adanya slot pada stator dan rotor akan mempengaruhi gelombang rapat fluks magnetic (B). Fluks magnetic (yang sudah membawa sinyal pada frekuensi tertentu berkaitan dengan adanya eksentrisitas) akan menginduksikan tegangan pada kumparan stator motor induksi sehingga memberikan sinyal pada srus stator yang dengan relatif mudah dapat dimonitor untuk mendeteksi adanya eksentrisitas. Fluks magnetic tersebut juga akan menimbulkan gaya radial yang berbanding lurus dengan kuadrat rapat fluks. Gaya radial tersebut akan mengeksitasikan adanya eksentrisitas.Eksperimen dilakukan untuk memverifikasi teori di atas dengan menggunakan motor induksi yang dirangkai dengan generator dc dan dibebani dengan pemanas. Pembebanan dirancang menjadi 3 tingkat untuk melihat pengaruh variasi pembebanan terhadap level sinyal arus stator dan getaran badan motor. Pemantauan arus stator dilakukan dengan memasang sensor arus (current probe) pada arus suplai, sedangkan getaran pada badan motor dipantau dengan memasang dua buah accelerometer pada badan motor untuk mengamati getaran pada arah horizontal dan vertical. Kemudian dengan menggunakan MSA (Multi Channel Spectrum Analyzer) ketiga sinyal tersebut dianalisis untuk mengetahui kandungan frekuensinya. Pemantauan sinyal-sinyal tersebut dilakukan dua kali, yang pertama pada waktu motor masih baru (belum pernah dibongkar) dan yang kedua sesudah motor tersebut diberi eksentrisitas (sengaja diciptakan).Eksperimen menunjukkan bahwa pada sinyal arus stator dan getaran badan motor muncul frekuensi yang diidentifikasi sebagai principal slot harmonic (PSH) dan dynamic eccentricity component pada jarak nd(1-s)f1/p dari PSH (nd adalah bilangan integer, s adalah slip, f1 adalah frekuensi arus suplai dan p adalah jumlah pasangan kutub). Level sinyal pada frekuensi tersebut bertambah untuk harga eksentrisitas dan beban yang makin besar, sedangkan harga frekuensinya akan mengecil untuk beban yang makin membesar.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Engineering > Mechanical Engineering > Mechanic System Technique > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item