Pembangunan Cuatomer Relationship Management Di Calysta Skin Care Clinic

Kamidi Santoso, Ganjar (2016) Pembangunan Cuatomer Relationship Management Di Calysta Skin Care Clinic.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Calysta adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa pelayanan kesehatan, jasa yang diberikan berupa perawatan kecantikan. Banyak jenis barang dan jasa perawatan yang ditawarkan Calysta tentunya banyak pelanggan yang berminat untuk melakukan perawatan dan membeli barang yang mereka butuhkan. Jumlah pelanggan yang melakukan perawatan secara berkala hanya 12% atau 190 dari keseluruhan pelanggan untuk cabang kopo, sementara 88% pelanggan tidak kembali lagi untuk melakukan pelayanan jasa perawatan dan pembelian barang. Banyaknya pelanggan Calysta mengakibatkan Spv Cabang masih kurang memahami karakteristik pelanggan, karena belum adanya proses segmentasi dalam penentuan jenis pelanggan untuk mengetahui prilaku setiap pelanggan sehingga sulit dalam menyesuaikan pelayanan berupa pemberian diskon yang tepat berdasarkan jenis pelanggan. Dengan menerapkan konsep Customer Relationship management (CRM) Calysta dapat melihat aktifitas pelanggan saat melakukan transaksi barang atau jasa apa saja yang sering digunakanan pelanggan, untuk itu perlu adanya proses segmentasi pelanggan dan melihat skala kedatangan pelanggan dalam melakukan transaksi. Tujuan dari proses segmentasi pelanggan adalah untuk mengetahui perilaku pelanggan dalam penggunaan layanan Calysta. RFM merupakan model untuk menentukan segmentasi konsumen berdasarkan Recency, Frequency, dan Monetary yaitu teknik pengelompokan pelanggan dari data transaksi berdasarkan transaksi terakhir dilakukan, banyaknya transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan rata-rata total pembelian yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu.Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang dibangun telah mencapai tujuan yaitu melakukan proses segmentasi dalam penentuan jenis pelanggan untuk menyesuaikan pelayanan berupa pemberian diskon yang tepat berdasarkan jenis pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelanggan, CRM, segmentasi, RFM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item