Makna Pesan Verbal Comic (Analisis Pesan Pandji Pragiwaksono dalam Video Standup Special Bhineka Tunggal Tawa 28 Desember 2011 di Usmar ismail Hall Jakarta)

Darmawan, Teja (2013) Makna Pesan Verbal Comic (Analisis Pesan Pandji Pragiwaksono dalam Video Standup Special Bhineka Tunggal Tawa 28 Desember 2011 di Usmar ismail Hall Jakarta). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai Makna Pesan Verbal Comic (Analisis pesan pandji pragiwaksono dalam video standup special bhineka tunggal tawa 28 desember 2011 di usmar ismail hall jakarta) untuk menjawab Makna Pesan Verbal Comic tersebut maka dalam penelitian ini, mengangkat tiga sub fokus yaitu, tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi dan tindak tutur pelokusi Pandji Pragiwaksono dalam Video Standup Special Bhineka Tunggal Tawa.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis pesan menggunakan teori tindak tutur, yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah Pandji Pragiwaksono dalam Video Standup Special Bhineka Tunggal Tawa. Dengan menggunakan informan pendukung sebanyak dua orang, yang terdiri dari seorang comic dan seorang khalayak. Data diperoleh dari wawancara, studi pustaka, pencarian data secara online dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan sub focus tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi dan tindak tutur perlokusi. Analisis pesan yang disampaikan Pandji Pragiwaksono dalam Video Standup Special Bhineka Tunggal Tawa dapat menyajikan pesan yang mudah dimaknai dan dimengerti maksud dari pesan yang disampaikan sehingga menghadirkan komunikasi yang efektif.Kesimpulan dari tindak tutur Pandji Pargiwaksono ini memperlihatkan bahwa pesan yang disampaikan dalam standup special bhineka tunggal tawa, akan berhasil apabila didalamnya dikemas dengan melihat makna, maksud dan dampak yang akan didapat oleh khalayak.Saran bagi Pandji Pragiwaksono agar lebih meningkatkan lagi kualitas dalam mengemas sebuah pesan, agar khalayak yang mendengarkannya mendapatkan tawa serta wawasan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Makna, Pesan Verbal, Comic, Standup Comedy
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24888

Actions (login required)

View Item View Item