Pembingkaian Berita Gratifikasi Seks (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosick di Media Online Kompas.com dan Republika.co.id Periode Januari 2013)

Nur Setiawan, Fazar (2013) Pembingkaian Berita Gratifikasi Seks (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosick di Media Online Kompas.com dan Republika.co.id Periode Januari 2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui bagaimana analisis framing pemberitaan Gratifikasi seks di media online Kompas.com dan Republika.co.id pada periode bulan Januari 2013, menganalisis dengan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang memiliki empat perangkat framing yaitu : struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik dan struktur retoris agar dapat diketahui bagaimana pembingkaian sebuah media.Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi dokumentasi, dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis adalah pemberitaan Gratifikasi Seks yang lakukan oleh media online Kompas.com dan Republika.co.id.Hasil penelitian menunjukkan struktur sintaksis Kompas.com membahas pada koridor secara umum kepada pembaca dengan bersifat netral dan Republika.co.id lebih sebagai suatu yang kontra dengan pemahaman agama, struktur skrip Kompas.com dan Republika.co.id tidak mengikuti kaidah penulisan berita dengan unsur 5W+1H, struktur tematik Kompas.com dengan pernyataan-pernyataan dari ahli dan tokoh secara umum namun Republika.co.id seks dengan pemahaman religius didukung pernyataan dari ahli dan tokoh agama Islam, struktur retoris Kompas.com terdapat pada penggunaan bahasa yang nasional dan Republika.co.id menggunakan frasa yang lebih terarah ke bahasa religius.Wartawan dan medianya memiliki ideologi yang melatari dalam menyampaikan pemberitaan berita tentang Gratifikasi Seks. Media online Kompas.com lebih menekankan penyampaian berita tentang Gratifikasi Seks lebih kearah nasionalis secara umum yang bersifat netral, sedangkan media online Republika.co.id menyampaikannya bisa terlihat sangat kontra dengan suatu hal tentang seks termasuk Gratifikasi Seks ini, dengan mengarahkan dan mengkaitkan sisi religius.Saran memahami analisis framing lebih dalam dan diharapkan mengambil sebuah kasus yang menarik yang mempunyai nilai objektifitas tinggi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis framing, gratifikasi seks, media online, kompas.com, republika.co.id, idelogi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24890

Actions (login required)

View Item View Item