Komunikasi Ritual Dalam Tradisi Haolan di Kampung Sukamanah (Studi Deskriptif Mengenai Komunikasi Ritual dalam Tradisi Haolan di Kampung Sukamanah Desa Cibitung Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat)

Supriatna, Victor (2013) Komunikasi Ritual Dalam Tradisi Haolan di Kampung Sukamanah (Studi Deskriptif Mengenai Komunikasi Ritual dalam Tradisi Haolan di Kampung Sukamanah Desa Cibitung Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi ritual dalam tradisi haolan di kampung sukamanah. Untuk dapat menjawab masalah pada Penelitian ini Peneliti menggambarkan masalah dalam Penelitian ini sesuai dengan Sub-fokus yang telah ditetapkan seperti mengetahui tahapan, dan pemaknaan simbol dalam proses ritual pada pelaksanaan tradisi haolan di kampung Sukamanah.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Studi Deskriptif (Descriptive Research) yaitu suatu metode yang dilakukan untuk mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat faktual dan akurat dengan informan yang berjumlah tiga orang dan informan kunci dua orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Pustaka yaitu Referensi buku, skripsi peneliti terdahulu, Internet Searching dan Studi lapangan yaitu observasi non Partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi.Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam kegiatan tradisi haolan Sukamanah mempunyai tiga tahapan penting yang harus dilakukan yaitu tahapan pertama yakni memakai pakaian yang sopan, mentaati seluruh peraturan dan mengambil air wudhu, tahapan melakukan ziarah tahapan terakhir yaitu pembagian nasi pera. Dan simbol-simbol yang yang terkandung di dalamnya terdapat pesan verbal seperti pembacaan shalawat serta tulisan arab yang tertera di makam KH Muhamad Ilyas terdapat juga pesan non verbal seperti Gesture ( gerakan tubuh), Ekspresi Wajah, Nada (Intonasi Suara). Asumsi dari nilai yang tumbuh pada masyarakat bahwa dengan melakukan ritual haolan masyarakat Sukamanah akan di berikan berkah yang melimpah.Simpulan dari penelitian adalah Kegiatan komunikasi ritual tradisi haolan ini merupakan suatu bentuk dari tradisi dan kebudayan yang telah menjadi warisan budaya turun temurun. Kegiatan ritual haolan tersebut dilakukan sebagai peringatan wafatnya seorang yang sangat berjasa di kampung tersebut.Akhirnya peneliti menyarankan bagi generasi berikutnya agar terus tradisi ritual haolan ini sampai seterusnya dan tidak pernah malu untuk mempelajari suatu kebudayaan. Serta agar dalam tradisi haolan ini lebih menarik, dalam peroses pelaksanaan tradisi haolan di libatkan generasi muda sebagai panitia pelaksana.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Ritual, Tradisi Haolan, Kampung Sukamanah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24893

Actions (login required)

View Item View Item