Makna Komunikasi Non Verbal Helm Minor Fighter Bagi Para Penggunanya di Kota Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Makna komunikasi non Verbal Helm Minor Fighter Bagi Para Penggunanya di Kota Bandung)

Wijaya, Ading (2013) Makna Komunikasi Non Verbal Helm Minor Fighter Bagi Para Penggunanya di Kota Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Makna komunikasi non Verbal Helm Minor Fighter Bagi Para Penggunanya di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Makna Komunikasi Non Verbal Helm Minor Fighter Bagi Para Penggunanya di Kota Bandung. Sub fokus dari penelitian ini yaitu Isyarat, Bentuk Struktural, Pengaruh Sosial, Penafsiran, Kebersamaan (commonality). Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan metodi studi deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Helm Minor Fighter Bagi Para Penggunanya di Kota Bandung. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 4 orang dan untuk memperjelas serta memperkuat data dengan adanya informan kunci yang berjumlah 2 orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, referensi buku, skripsi penelitian terdahulu, internet searching. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa isyarat helm Minor Fighter bagi para penggunanya melambangkan kepribadian penggunanya melalui bentuk atau rancangan helm, dari corak warna yang bermacam-macam yang menempel di helm penggunanya, dengan ciri khas atributnya yang sering dipakai penggunanya. Dari bentuk struktural helm Minor Fighter secara keseluruhan mempunyai arti atau makna tertentu yaitu indetitas kelompok minoritas dan juga anti kemapanan. Pengaruh sosial helm Minor Fighter bagi kehidupan sosial pengguna helm di kota Bandung adalah meningkatkan kemampuan pengelolaan komunikasi dan verbal dari seorang pengguna helm Minor Fighter. Penafsiran helm Minor Fighter yaitu pemahaman mengenai maksud dari helm Minor Fighter dan tujuan helm Minor Fighter. Kebersamaan yang dilakukan oleh para pengguna helm Minor Fighter sudah cukup baik.Kesimpulan Pengelolaan makna komunikasi non verbal pada helm Minor Fighter mempunyai keunikan tersendiri dibandingan dengan helm biasa lainnya. Saran diharapkan bagi para pengguna helm Minor Fighter dapat membangun kebersamaan dan silahtuhrahmi dan dapat memahami tentang bentuk, arti, makna yang ada pada helm Minor Fighter yang menjadi indetitas kelompoknya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: isyarat, bentuk struktural, Pengaruh sosial, Penafsiran, Kebersamaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24896

Actions (login required)

View Item View Item