Daya Tarik Isi Pesan Majalah Rel Pada Rubrik ��Melancong�� oleh Humas Pt. Kereta Api indonesia (Persero Kantor Pusat Bandung dalam Memberikan Informasi Wisata Bagi Penumpang Kereta Api Argo Parayangan

Rachmawati, Anisyah (2013) Daya Tarik Isi Pesan Majalah Rel Pada Rubrik ��Melancong�� oleh Humas Pt. Kereta Api indonesia (Persero Kantor Pusat Bandung dalam Memberikan Informasi Wisata Bagi Penumpang Kereta Api Argo Parayangan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Daya Tarik Isi Pesan Majalah Rel Pada Rubrik ��Melancong�� Oleh Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Dalam Memberikan Informasi Wisata Bagi Penumpang Kereta Api Argo Parahyangan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti memunculkan 3 sub fokus yaitu, daya tarik rasional, daya tarik emosional, dan daya tarik moral isi pesan majalah Rel rubrik Melancong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, jumlah informan penelitian ini lima orang, tiga orang dari pihak humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung, Editor Majalah Rel, dan dua orang informan pendukung yaitu, pelanggan atau penumpang kereta api eksekutif Kereta Api Argo Parahyangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi pustaka dan internet searching.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada majalah Rel rubrik Melancong memiliki daya tarik rasional, informan memberikan pernyataan bahwa majalah Rel rubrik Melancong telah memberikan manfaat dalam penyajiannya karena dianggap telah memberikan informasi wisata yang perlu diketahui oleh para pembacanya. Daya tarik emosional majalah Rel rubrik Melancong yang mampu memberikan akan kebutuhan informasi mengenai wisata. Majalah Rel rubrik Melancong mampu menarik perhatian dan membuat senang pembaca. Daya tarik moral majalah Rel rubrik Melancong belum terkandung karena majalah Rel rubrik Melancong hanya bersifat menghibur dan belum mengarahkan pembaca tentang apa yang baik dan benar, dan mendukung masalah-masalah sosial.Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada majalah Rel rubrik Melancong memiliki daya tarik isi pesan, tetapi lebih cenderung pada daya tarik rasional dan emosional karena telah mampu menarik perhatian, mampu memberikan manfaat, juga membangkitkan motivasi para pembacanya akan kebutuhan informasi mengenai wisata dalam majalah Rel.Saran bagi humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung lebih menyajikan majalah Rel khususnya rubrik Melancong yang menarik dan positif, dengan lebih variatif dalam pemilihan tempat wisata yang dibahas baik dalam negeri maupun luar negeri. Lebih meningkatkan lagi kuantitas isi pesan untuk menjawab kebutuhan informasi mengenai tempat wisata, dan lebih disesuaikan antara cover majalah dan tema yang dibahas dalam majalah Rel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Majalah Rel Rubrik ��Melancong��, Daya Tarik Isi Pesan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24897

Actions (login required)

View Item View Item