Pencitraan Partai Politik Nasional Demokrat Melalui Iklan Versi Sepak Bola (Studi Wacana Kritis Norman Fairclough Mengenai Iklan Partai Politik Nasional Demokrat Versi Sepak Bola

Prakoso, Dannu (2013) Pencitraan Partai Politik Nasional Demokrat Melalui Iklan Versi Sepak Bola (Studi Wacana Kritis Norman Fairclough Mengenai Iklan Partai Politik Nasional Demokrat Versi Sepak Bola.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur teks, Discourse Practice (Produksi dan Konsumsi teks), dan Sosiocultural Practice (Situasional, Instituasional, Sosial) Pada Pencitraan Partai Politik Nasional Demokrat Melalui iklan Versi Sepak bola. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana struktur teks, Discourse Practice (Produksi dan Konsumsi teks), dan Sosiocultural Practice (Situasional, Instituasional, Sosial) Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian analisis wacana kritis Norman Fairclough. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah studi pustaka,dengan cara menganalisis teks yang ada pada iklan partai nasdem versi sepak bola. Dalam penelitian ini informan digunakan hanya untuk data sekunder atau tambahan bukan untuk data primer karena analisis wacana kritis murni hasil pemikiran sendiri.Hasil penelitian pada struktur teks menunjukan Koherensi pada titik tertentu menunjukkan ideologi. Partai Nasdem yang ingin menunjukkan kekuasaan sosial dan membangun identitas partainya. Discourse Practice Pembuat iklan hanya menjalankan ide dari partai Nasdem itu sendiri. Sosiocultural Practice Badai politik yang membuat partai penguasa menurun dan kurang dipercaya saat itu dari kasus-kasus yang belum terselesaikan di akhir tahun 2012.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Kampanye yang dilakukkan oleh Partai Nasdem melalui iklan versi sepak bola merupakan bagian dari Counter hegemoni dari Intelektual Organik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Politik, Partai Nasional Demokrat, Struktur Teks, Discourse Practice (Produksi dan Konsumsi teks), Sosiocultural Practice (Situasional, Instituasional, Sosial)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24901

Actions (login required)

View Item View Item