Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Orang tua dan Anak Penderita HIV (Human Immunity Virus) di Muara Angke Jakarta)

Dwi Astuti, Ria (2013) Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Orang tua dan Anak Penderita HIV (Human Immunity Virus) di Muara Angke Jakarta). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi Orang tua dengan anaknya di Kota Bandung. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut ini : proses komunikasi, dan hambatan . Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, Subjek penelitiannya adalah orang tua dan anak. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 3 (tiga) keluarga , dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan kunci dan informan pendukung yang berjumlah 2 (dua) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: Proses komunikasi akan berjalan jika keduanya bisa berkomunikasi mulai dari hal-hal paling sederhana dan proses komunikasi bisa berjalan meskipun hanya menggunakan media lain selain komunikasi tatap muka. Dalam hambatan yang terjadi pada orang tua ini bisa teratasi jika komunikasi bisa dilakukan dengan intens dan adanya sikap saling terbuka satu dengan lainnya karena dengan keterbukaan semua hambatan akan menemukan permasalahannya.Kesimpulan dari penelitian yaitu pola komunikasi akan berjalan dengan baik dan hambatan bisa diatasi di dalamnya jika orang tua bisa memberikan perhatian kepada anaknya dan kebersamaan yang terjalin bisa membuat komunikasi semakin efektif adapula yang menjadi kekuatan orang tua ini adalah anak dan keluarganya karena mejalankan kedua peran sekaligus peran orang tua juga peran sebagai ibu dan ayah ini tidaklah mudah butuh keseimbangan dalam melakukannya.Saran untuk orang tua sebaiknya senantiasa meluangkan waktu bersama anak harus mengkomunikasikan segala sesuatunya dengan anak memberikan dukungan, perhatian kepada anak, dan juga untuk orang tua sebaiknya dapat menjaga sikap dimanapun dia beraktifitas, mengingat status yang ada sangat renta mendapati anggapan negatif dari orang disekeliling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi, Orang tua, Anak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24909

Actions (login required)

View Item View Item