Analisis Framing Berita Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Analisis Framing Robert N. Entman di Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Pagi Radar Bandung 19 November 2012 - 25 November 2012)

K, Cecep and Nurizal, (2013) Analisis Framing Berita Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Analisis Framing Robert N. Entman di Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Pagi Radar Bandung 19 November 2012 - 25 November 2012). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita pemilihan gubernur Jawa Barat 2013 di Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Pagi Radar Bandung. Untuk mengetahuinya, peneliti menggunakan empat kategori yang dijadikan sub fokus yaitu pendefinisian masalah, memperkirakan penyebab masalah, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model Robert N. Entman, model ini digunakan untuk mengetahui bagaimana media massa mengkonstruksikan realitas dengan konsep Framing Robert N. Entman. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara, studi pustaka dan internet searching. Data yang diperoleh yaitu data primer dansekunder. Sementara untuk uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan denagn beberapa tahap, yaitu: triangulasi sumber dan teknik, bahan referensi dan member check.Hasil penelitian menunjukan bahwa Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Pagi Radar Bandung membingkai berita pemilihan gubernur Jawa Barat 2013 sebagai berikut. Pendefinisian masalah adalah sebagai hajatan demokrasi dan fenomena demokrasi. Memperkirakan penyebab masalah adalah calon gebunur/wakil sebagai aktor utama. Membuat keputusan moral adalah masalah moral dan masalah hukum. Menekankan penyelesaian adalah masyarakat diminta rasional dalam memilih dan memberi pesan moral kepada masyarakat.Simpulan dari penelitian ini adalah pendefinisian masalah penyelenggaraan Pilgub Jabar sebagai hajatan dan fenomena demokrasi, memperkirakan sumber masalah calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat, penilaian moral sebagai masalah moral dan masalah hukum, penekanan penyelesaian masyarakat berpikir rasional dalm memilih calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat.Saran dari penelitian ini adalah Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Pagi Radar Bandung dapatterus menjaga objektifitas dari peristiwa yang diangkat menjadi sebuah berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, Treatment Recommendation
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item View Item