Pemolaan Komunikasi Upacara adat Pernikahan Suku Melayu di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau (Studi Etnografi Pemolaan Komunikasi Upacara Adat Pernikahan Suku Melayu Pesisir di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau)

Raffani, Ayla (2013) Pemolaan Komunikasi Upacara adat Pernikahan Suku Melayu di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau (Studi Etnografi Pemolaan Komunikasi Upacara Adat Pernikahan Suku Melayu Pesisir di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan secara mendalam tentang Komunikasi pada Upacara adat Pernikahan Suku Melayu. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut peneliti bagi kedalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu peristiwa komunikasi, komponen komunikasi dan hubungan antar komponen komunikasi dalam upacara adat pernikahan suku Melayu di Kabupaten Bengkalis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitaif dengan studi etnografi komunikasi. Subjek penelitian adalah Upacara Adat Pernikahan yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu Upacara Antar Tanda / Antar Belanja, Upacara Ijab Kabul / Akad Nikah dan Upacara Hari langsung / Bersanding. Informannya terdiri dari 6 (enam) orang yaitu 3 (tiga) informan kunci dan 3 (informan pendukung) yang diperoleh melalui teknik porposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, catatan lapangan, studi kepustakaan, dokumentasi dan internet searching. Teknik uji keabsahan data dengan cara peningkatan ketekunan pengamatan tringulasi, kecukupan referensi dan pengecekkan anggota.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peristiwa komunikasi pada upacara adat pernikahan suku Melayu ini bersifat sakral. Semua prosesi upacaranya dilakukan dirumah pengantin perempuan. Komponen komunikasi adalah bahasa yang digunakan untuk berinteraksi yaitu Bahasa Melayu dan simbol non-verbal dalam setiap hantaran yang diberikan. Sedangkan hubungan antar komponen yang menciptakan prilaku yang khas oleh masyarakat Melayu adalah Pantun. Simpulan dari penelitian ini bahwa masyarakat Melayu di Kabupaten Bengkalis mengikuti semua prosesi demi prosesi dalam upacara adat pernikahan yang juga berlandaskan nilai-nilai islami.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: etnografi komunikasi, peristiwa komunikasi, komponen komunikasi, hubungan antar komponen komunikasi, upacara adat pernikahan suku Melayu di Kabuaten Bengkalis Provinsi Riau.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24914

Actions (login required)

View Item View Item