Iklan di Halaman Pertama Harian Umum Bandung Ekspres (Studi Ekonomi-Politik Media Dalam Iklan di Halaman Pertama Harian Umum Bandung Ekspres)

Trimulya, Rizky (2013) Iklan di Halaman Pertama Harian Umum Bandung Ekspres (Studi Ekonomi-Politik Media Dalam Iklan di Halaman Pertama Harian Umum Bandung Ekspres).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini berjudul Iklan Di Halaman Pertama Harian Umum Bandung Ekspres ( Studi Ekonomi-Politik Media dalam Iklan Harian Umum Bandung Ekspres di Halaman Pertama ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk bagaimana Ekonomi-politik media di Harian Umum Bandung Ekspres, Untuk menjawab tujuan tersebut, kemudian dianalisis berdasarkan komodifikasi, spasialisasi dan strukturasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Jumlah informan pada penelitian sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa komodifikasi di Harian Umum Bandung Ekspres terdapat pada nilai jual iklan di halaman pertama, Pencakupan spasialisasi dalam iklan di halaman depan, mempengaruhi ruang dan waktu. Iklan dihalaman depan, tidak dapat setiap waktu dilakukan dan harus melalui proses seleksi melalui rapat lintas divisi terlebih dahulu. Dalam strukturasi Iklan di halaman pertama yang baru dilakukan oleh Harian Umum Bandung Ekspres, merupakan hasil dari adanya kredibilitas perusahaan pengiklan. Perusahaan pengiklan seperti Smartfren dan Axis. Sebagai kesimpulan Posisi media dalam system kapitalisme modern. Media massa di yakini bukan sekedar medium lalulintas pesan antara unsur-unsur social dalam suatu masyarakat, melainkan juga berfungsi sebagai alat penundukan dan pemaksaan konsesus oleh kelompok yang secara ekonomi dan politik dominan. Media massa mampu merepresentasikan diri sebagai ruang publik yang utama turut menentukan dinamika social, politik dan budaya di tingat lokal maupun global.Untuk itu peneliti menyarankan Dalam penelitian yang dilakukan ini, peneliti harus mampu memberikan suatu masukan berupa, Menyediakan media atau saluran komunikasi bagi setiap orang yang mempunyai minat untuk bertukar pandangan, gagasan dan pendapat mengenai tantangan yang dihadapi oleh dinamika perekonomian Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Iklan, Harian Umum Bandung Ekspres, Ekonomi-politik media.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24916

Actions (login required)

View Item View Item