Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Memotivasi Penyembuhan Pecandu Narkotika dan Zat Adiktif (Studi Deskriptif Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Memotivasi Penyembuhan Pecandu Narkotika dan Zat Adiktif di Panti Sosial Permadi Putra Binangkit, Lembang Ka

Rahman, Aulia (2013) Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Memotivasi Penyembuhan Pecandu Narkotika dan Zat Adiktif (Studi Deskriptif Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Memotivasi Penyembuhan Pecandu Narkotika dan Zat Adiktif di Panti Sosial Permadi Putra Binangkit, Lembang Ka.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini berjudul Komunikasi terapeutik perawat dalam memotivasi penyembuhan pecandu narkotika dan zat adiktif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi terapeutik perawat di panti sosial permadi putra binangkit dalam memotivasi penyembuhan ketergantungan para pecandu narkotika dan zat adiktif. Untuk menjawab tujuan tersebut, kemudian dianalisis berdasarkan fase pra-interaksi, fase orientasi, fase kerja dan fase terminasi.Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan.Metode Deskriptif. Jumlah informan pada penelitian sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching Hasil penelitian ini komunikasi terapeutik terdiri dari 4 tahap, dimana disetiap tahapan ada aspek-aspek yang harus dilaksanakan oleh perawat agar tercipta komunikasi terapeutik. Komunikasi terapeutik difokuskan kepada klien,pengalaman dan perasaan klien. Menggambararkan hubungan terapeutik sebagai pengalaman belajar baik bagi klien dan perawat. Dalam membina komunikasi terapeutik perawat mempunyai 4 tahap yang pada setiap tahapannya mempunyai tugas yang harus di selesaikan oleh perawat. 4 tahap tersebut adalah tahap prainteraksi,tahap orientasi, tahap kerja dan tahap terminasi.Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh perawat di panti sosial permadi putra binangkit sudah diterapkan untuk mengatasi permasalahan pada pecandu narkotika, selain itu dengan menggunakan tahapan komunikasi terapeutik pecandu narkotika pun bisa lebih terbuka terhadap perawat dan keterbukaan inilah yang sangat dibutuhkan oleh team perawat guna menunjang proses penyembuhan klien.Saran peneliti kepada team perawat panti sosial permadi putra binangkit agar lebih meningkatkan kualitas komunikasi antara perawat dengan pecandu narkotika, selain itu agar lebih diperhatikan fasilitas panti agar para pecandu dapat menggunakan fasilitas semaximal mungkin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Perawat, Motivasi, Pecandu Narkotika dan Zat Adiktif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24918

Actions (login required)

View Item View Item