Presentasi Diri Pengamen SilverMan di Kota Bandung (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Pengamen Silver Man Dalam Menjalani Kehidupannya di Kota Bandung)

Rahmania Darmawan, Tossa (2013) Presentasi Diri Pengamen SilverMan di Kota Bandung (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Pengamen Silver Man Dalam Menjalani Kehidupannya di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Presentasi Diri Pengamen Silver Man di Kota Bandung (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Pengamen Silver Man Dalam Menjalani Kehidupannya di Kota Bandung). Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut ini: Panggung Depan, Panggung Tengah, dan Panggung Belakang. Sub fokus tersebut bertujuan untuk mengukur focus penelitian yaitu: Presentasi Diri Pengamen Silver Man di Kota Bandung.Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan Metode studi Dramaturgi. Subjek penelitiannya adalah pengamen Silver Man. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan penelitian berjumlah 3 (tiga) orang pengamen Silver Man, dan untuk memperjelas serta memperkuat data dipilihlah 3 (tiga) orang informan pendukung. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, diskusi dengan teman sejawat dan membercheck.Hasil penelitian menunjukan bahwa panggung depan (front stage) pengamen Silver Man semuanya mencoba untuk memainkan perannya dengan maksimal, peran yang dihasilkan dari wujud peniruan individu terhadap aktivitas individu lain yang dipersepsikan sebagai tokoh penghibur. Pada paggung tengah (middle stage) pengamen Silver Man merupakan area yang dipakai pengamen Silver Man untuk melakukan persiapan mental untuk menunjukan diri saat berada di panggung depan. Pada panggung belakang (back stage), pengamen Silver Man benar-benar memainkan sebuah peran yang utuh sebagai masyarakat pada umumnya, mereka tidak seperti pada saat berada di panggung depan (front stage) yang menutupi keadaan mereka.Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa pengamen Silver Man dalam kehidupannya menjalani 3 panggung yaitu panggung depan (front stage), panggung tengah (middle stage) dan panggung belakang (back stage).Saran penelitian: Bagi pengamen Silver Man untuk memberikan pertunujukan seni yang lebih unik dan kreatif sehingga menarik minat member masyarakat di jalan dan dapat diterima oleh masyarakat sebagai bentuk hiburan yang bernilai seni. Bagi masyarakat untuk tidak selalu memandang sebelah mata pada aksi pengamen Silver Man.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Presentasi Diri, Panggung Depan, Panggung Tengah dan Panggung Belakang.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24922

Actions (login required)

View Item View Item