Komunikasi Interaksional Orang Tua Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Bandung dalam Menyampaikan Pendidikan Seks (Studi Deskriptif Tentang Komunikasi Interaksional Orang Tua pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Bandung dalam Menyampaikan Pendidikan Seks

Apriliani Yaumil Fitriah, Cynthia (2013) Komunikasi Interaksional Orang Tua Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Bandung dalam Menyampaikan Pendidikan Seks (Studi Deskriptif Tentang Komunikasi Interaksional Orang Tua pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Bandung dalam Menyampaikan Pendidikan Seks.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunikasi interaksional orang tua pada anak usia sekolah dasar di kota Bandung dalam menyampaikan pendidikan seks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi verbal orang tua pada anak usia sekolah dasar di kota Bandung dalam menyampaikan pendidikan seks dan komunikasi nonverbal orang tua pada anak usia sekolah dasar di kota Bandung dalam menyampaikan pendidikan seks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Informan terdiri 4 orang dan informan pendukung 2 orang, yaitu guru agama sekolah dasar dan konsultan psikologi anak. Data diperoleh melalui studi pustaka, internet searching, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, komunikasi verbal sebagai penunjang utama dapat dilihat dengan adanya penggunaan bahasa yang sama dan fungsi-fungsi bahasa yang digunakan orang tua pada anak dalam menyampaikan pendidikan seks. Komunikasi nonverbal yang disampaikan melalui gerak tubuh seperti jari yang menunjuk sebagai penegasan kalimat, proksemik terdapat jarak dan ruang yang menentukan kedekatan orang tua dan anak, artifaktual seperti batasan penampilan yang diberikan orang tua pada anak, paralinguistik yaitu intonasi dan volume suara yang disampaikan orang tua sebagai penjelas arti kalimat dan karakter suara, sentuhan yaitu ciuman dan sentuhan dari orang tua pada anak.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interaksional yang terbangun diantara orang tua dan anak telah menjadi cara dalam penyampaian pendidikan seks. Hal ini terbukti dengan dipergunakanya komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dalam komunikasi interaksional yang terjadi.Sebagai saran, diharapkan orang tua dapat memanfaatkan situasi saat bersama anak dengan memberikan edukasi serta pembelajaran tentang pendidikan seks dan anak diharapkan dapat mengerti sehingga tidak mencari penjelasan sendiri yang dapat menimbulkan hal yang negatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seks, Komunikasi Interaksional.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24928

Actions (login required)

View Item View Item