Pola Komunikasi Debt Collector Bank Mandiri Bandung Dalam Menjalankan Tugas Penagihan

Suhada, Agung (2013) Pola Komunikasi Debt Collector Bank Mandiri Bandung Dalam Menjalankan Tugas Penagihan. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai Pola Komunikasi Debt Collector dalam menjalankan tugas penagihan. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisa dari kebiasaan, cara berinteraksi, pertukaran informasi, pengetahuan, dan simbol yang digunakan.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif, yang menjadi subjek penelitian ini adalah Debt Collector Bank Mandiri Bandung yang menjadi informan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, internet searching, serta observasi. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu pengumpulan data, analisa data, pengeditan, dan yang terakhir adalah proses akhir analisis penelitian dan pembahasan yang didasarkan pada teori atau definisi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan dengan sub fokus kebiasaan, cara berinteraksi, pertukaran informasi, pengetahuan, dan simbol yang digunakan debt collector. Analisis pola komunikasi debt collector Bank Mandiri dalam melakukan tugas penagihan sejauh ini berjalan tanpa ada kekrasan dalam prosesnya.Simpulan dilihat dari sub fokus bahwa kebiasaan yang dilakukan debt collector dalam proses penagihan tidak selalu menggunakan kekerasan, cara berinterksi mereka dengan kliennya menggunakan cara kekeluargaan dan negosiasi atau persuasif, pertukaran informasi yang dilakukan debt collector dalam melakukan tugas menggunkan media telfon atau surat peringatan, pengetahuan yang dimiliki debt collector untuk melakukan tugas adalah Basic Collection Knowledge, simbol yang digunakan debt collector yaitu name tag, surat tugas,dan seragam mereka. Saran dari peneliti bagi debt collector Bank Mandiri yaitu tunjukan bahwa profesi collector tidak bisa disamakan dengan preman. Tunjukan bahwa profesi ini adalah profesi yang terhormat dan professional tidak hanya menggunakan otot dalam pekerjaannya di tuntut keterampilan komunikasi yang baik dalam tugasnya tidak semua orang dapat menjalankan profesi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan, cara berinteraksi, pertukaran informasi, pengetahuan, simbol yang digunakan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24933

Actions (login required)

View Item View Item