Representasi Makna Galau dalam Film Radio galau Fm (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Makna Galau Dalam Film Radio Galau FM)

Afriyanti, Lina (2013) Representasi Makna Galau dalam Film Radio galau Fm (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Makna Galau Dalam Film Radio Galau FM). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui semiotika makna galau yang terdapat dalam film Radio Galau FM, dengan cara melihat kode-kode yang terdapat dalam film Radio Galau FM yang berkaitan dengan makna galau, yaitu realitas, representasi dan ideologi menurut John Fiske.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, dokumentasi dan wawancara dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film Radio Galau FM dengan mengambil tiga bagian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi makna galau dalam film Radio Galau FM terdapat tiga level sesuai dengan semiotika John Fiske. Level realitas yang terdapat dalam sequence Radio Galau FM menggambarkan makna galau dari tingkah laku yang selalu berdiam diri dengan pandangan kosong, gerakan yang terkesan lesu dan ekspresi tokoh yang cenderung murung. Level representasi untuk menggambarkan makna galau dalam film Radio Galau FM di dapat dari teknik pengambilan gambar dengan teknik close up sehingga ekspresi wajah dari tokoh bisa terlihat, narasi yang diceritakan oleh tokoh menjelaskan tentang keadaan galau yang dialaminya dan dialog para tokoh. Level ideologi dalam film Radio Galau FM ini ideologi dominan yang dihadirkan melalui penokohan Dimas Anggara sebagai tokoh utama adalah mengenai suatu keadaan seseorang yang disebut dengan galau, yang pada akhirnya galau itu sendiri menjadi trend yang berkembang pada remaja di Indonesia.Kesimpulan penelitian ini yaitu representasi makna galau yang terdapat dalam film adalah mengenai suatu keadaan seseorang yang disebut dengan galau, yang dapat diamati melalui tingkah laku, gerakan, ekspresi, teknik pengambilan gambar, narasi dan dialog antar tokoh.Saran peneliti setelah melaksanakan penelitian ini, sebaiknya bagi universitas agar lebih banyak mengulas tentang semiotika dan untuk peneliti selanjutnya agar bisa melakukan penelitian serupa dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: representasi, makna galau, analisis semiotika, John Fiske
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24934

Actions (login required)

View Item View Item