Pemolaan Komunikasi Ritual Pamaleon Bolon Sipahalimaajaran Kepercayaan Parmalim (Studi Etnografi Komunikasi mengenai Pemolaan Komunikasi Ritual Pamaleon Bolon SipahalimaAjaran Kepercayaan Parmalim)

Nova Yanti, Eka (2013) Pemolaan Komunikasi Ritual Pamaleon Bolon Sipahalimaajaran Kepercayaan Parmalim (Studi Etnografi Komunikasi mengenai Pemolaan Komunikasi Ritual Pamaleon Bolon SipahalimaAjaran Kepercayaan Parmalim).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara mendalam tentang Pemolaan Komunikasi Ritual Pamaleaon Bolon Sipahalima Ajaran Kepercayaan Parmalim. Untuk menjabarkannya, fokus masalah tersebut peneliti membagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu Peristiwa Komunikasi, Komponen Komunikasi dan Hubungan atau Keterikatan antar Komponen dengan Peristiwa dalam Pemolaan Komunikasi Ritual Pamaleaon Bolon Sipahalima Ajaran Kepercayaan Parmalim.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan design studi etnografi komunikasi dan teori diangkat yaitu teori interaksi simbolik. Subjek penelitian adalah dua orang informan dan satu informan pendukung. Yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dokumentasi dan internet searching. Teknik uji keabsahan data dengan triangulasi dan membercheck.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Pemolaan Komunikasi Ritual Pamaleaon Bolon Sipahalima Ajaran Kepercayaan Parmalim antara lain peristiwa komunikasi dalam Ritual Pamaleaon Bolon yaitu adanya makna tersendiri bagi mereka untuk mengucapkan syukur kepada Debata Mulajadi Nabolon yang dimana pada komponen komunikasi mengandung simbol-simbol yang digunakan seperti doa-doa, alat musik, pakaian dan sesaji yang diberikan kepada leluhur, sedangkan hubungan atau keterikatan antar komponen dengan peristiwa yaitu seremonial yang sangat sakral yang ada pada Upacara Pamaleaon Bolon Sipahalima tersebut.Simpulan dari penelitian Pemolaan Komunikasi Ritual Pamaleaon Bolon Sipahalima Ajaran Kepercayaan Parmalim, berawal dari Raja Ompu Mulia Naipospos yang dipercaya oleh Sisingamangaraja untuk meneruskan kepercayaan ini agar tidak punah dan terdapat makna tersendiri bagi umat parmalim dan masyarakat diluar parmalim yang mengikuti upacara ini dan juga mereka dapat mengartikan norma-norma dan nilainilai yang terkandung di dalamnya.Saran dari penulis kepada penganut kepercayaan parmalim baik yang di Desa Pardomuan, Laguboti maupun di kota lain, agar tetap menjalankan dan melestarikan kepada keturunan mendatang. Selain itu, bisa memegang teguh dan mempertahankan simbol-simbol yang digunakan pada saat ritual dilaksanakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Pemolaan Komunikasi, Pamaleaon Bolon Sipahalima, Parmalim
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24942

Actions (login required)

View Item View Item