Komunikasi Terapeutik Antara Konselor Dengan Resident di Rumah Cemara Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Komunikasi Terapeutik Antara Konselor Dengan Resident di Rumah Cemara Bandung)

Rachman Julfikar, Arief (2013) Komunikasi Terapeutik Antara Konselor Dengan Resident di Rumah Cemara Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Komunikasi Terapeutik Antara Konselor Dengan Resident di Rumah Cemara Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Komunikasi Terapeutik Antara Konselor Dengan Resident Di Rumah Cemara Bandung (Suatu Studi Deskriptif Mengenai Komunikasi Terapeutik antara Konselor Dengan Resident Di Rumah Cemara Bandung ). Untuk menjawab tujuan diatas, maka peneliti mengangkat sub fokus : Fase Pra-interaksi (Induction) , Fase Orientasi (Primary A) , Fase Kerja (Primary B) , Fase Terminasi (Re-entry ) untuk mengukur focus penelitian. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, studi pustaka, internet searching. Dalam penelitian ini, informan yang diwawancarai adalah Konselor-Konselor yang ada di Rumah Cemara Bandung yang berjumlah 5 orang. Dari hasil wawancara yang dilakukan, kemudian peneliti mendekskripsikan hasil wawancara tersebut berdasarkan definisi yang berkaitan.Hasil penelitian menunjukan bahwa : Fase Pra-Interaksi itu adalah fase dimana konselor mempersiapkan diri sebelum langsung berinteraksi dengan Resident. Fase Orientasi adalah fase dimana konselor berkenalan dengan resident agar terciptanya hubungan yang saling percaya. Fase Kerja adalah fase yang konselor dapat fokus terhadap masalah yang dihadapi oleh resident, dan terakhir. Fase Terminasi adalah hasil kesimpulan dari semua fase.Kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa tahapan-tahapan pada komunikasi terapeutik tidak dapat dilakukan dengan mudah dan tidak sengaja, tetapi harus direncanakan dan dipelajari dahulu agar tidak terjadinya bloking atau tidak tahu mahu bicara apa saat bertemu resident.Saran penelitian sebaiknya Rumah Cemara Bandung Manfaatkan waktu luang untuk melakukan komunikasi terapeutik pada resident. Agar lebih cepat perkembagan kondisi kesehatan resident.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik. Fase pra-interaksi, fase orientasi, fase kerja, fase terminasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24948

Actions (login required)

View Item View Item