Perilaku Komunikasi Mahasiswa papua (Studi Interpretif dengan Pendekatan Interaksionisme simbolik mengenai Perilaku Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Wamena di tengah Masyarakat Sunda Kota Bandung)

Yohanis Bastian Lasamahu, Fhilips (2013) Perilaku Komunikasi Mahasiswa papua (Studi Interpretif dengan Pendekatan Interaksionisme simbolik mengenai Perilaku Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Wamena di tengah Masyarakat Sunda Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi antarbudaya mahasiswa Wamena di tengah masyarakat Sunda Kota Bandung. Untuk melihat bagaimana mahasiswa Wamena menyesuaikan diri serta mengonstruksi dunia sosial mereka selama mereka berhubungan dengan masyarakat Sunda Kota Bandung. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Interaksionisme Simbolik yaitu mind, self, society mengenai Perilaku Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Wamena di tengah Masyarakat Sunda Kota Bandung.Tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis data kualitatif dimana peneliti berupaya memilah-milah data menjadi satuan yang dapat dikelola; mencari, dan menemukan pola serta menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.Data yang diperoleh sebagian besar adalah melalui wawancara mendalam, yang ditunjang oleh observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan, perilaku komunikasi antarbudaya mahasiswa wamena di tengah masyarakat Sunda Kota Bandung kurang terjalin dengan baik, disebabkan kurangnya interaksi langsung, sikap keterbukaan, kedekatan serta rasa ingin tahu tentang budaya dari mahasiswa Wamena terhadap masyarakat Sunda Kota Bandung.Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan penyesuaian diri mahasiswa Wamena kurang berjalan dengan baik disebabkan kurangnya keterbukaan diri mahasiswa Wamena yang berujung pada proses adaptasi yang kurang terjalin dengan baik. Kurangnya interaksi secara langsung disebabkan mahasiswa Wamena merasa malu, serta pemahaman dan kepandaian menggunakan bahasa Sunda yang sering digunakan di tengah masyarakat Sunda Kota Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Interaksionisme simbolik, penyesuaian diri, konstruksi dunia sosial, komunikasi antarbudaya, sikap, keterbukaan diri, mahasiswa Wamena dan masyarakat Sunda Kota Bandung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24950

Actions (login required)

View Item View Item