Makna Pesan Komunikasi Nonverbal dalam Kesenian Tari Topeng Cirebon di Jawa Barat (Studi Deskriptif Makna Pesan Komunikasi Nonverbal dalam Kesenian tari Topeng Cirebon di Jawa Barat)

Fitri, Nurul (2013) Makna Pesan Komunikasi Nonverbal dalam Kesenian Tari Topeng Cirebon di Jawa Barat (Studi Deskriptif Makna Pesan Komunikasi Nonverbal dalam Kesenian tari Topeng Cirebon di Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna Pesan Komunikasi Nonverbal dalam Kesenian Tari Topeng Cirebon di Jawa Barat. Untuk menjawab tujuan dari penelitian ini maka diajukan lima sub mikro yakni makna ekpresi, makna busana, makna gerakan, makna ruang/tempat dan makna waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, internet searching. Adapun teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa makna pesan Komunikasi Nonverbal yang ada pada Kesenian Tari Topeng Cirebon terdapat dalam makna pesan nonverbal yaitu Makna Ekpresi penari sebelum menggunakan kedok adalah serius dan diam menghayati cerita masing-masing Topeng sama halnya dengan pada saat penari menggunakan Topeng. Makna busana yang digunakan para penari topeng memiliki arti dan nilai agama, kesopanan, saling menolong, kebaikan dan lain-lain. Makna gerakan terlihat pada gerakan-gerakan para penari, namun tidak semua gerakan yang mempunyai makna hanya sembilan pokok gerakan pada topeng Cirebon dan ditambahkan dengan panji yang mempunyai makna yang lebih karena panji ditarikan pada awal tarian dan digambarkan sebagai sesosok manusia yang baru lahir, Makna tempat dan waktu dimana pada pelaksanaannya kesenian tari topeng Cirebon tidak dibatasi, namun untuk acara sakral kesenian tari diadakan setiap satu tahun sekali sesuai dengan kalender jawa, dan kesenian ini dilakukan diberbagai tempat seperti panggung, jalanan, sanggar dan lain-lain. Dan yang utama dalam Kesenian Topeng Cirebon adalah bertujuan untuk menyebarkan agama dan kebaikan kepada masyarakat Cirebon.Simpulan dari penelitian ini terdapat makna pesan komunikasi Nonverbal pada setiap unsur Kesenian Tari Topeng Cirebon, unsur terebut adalah ekpresi, Busana, Gerakan, Ruang dan Waktu. Para wali menggunakan Kesenian Tari Topeng Cirebon sebagai media dakwah dan penyebaran agama Islam. Akhirnya peneliti menyarankan agar kita memahami setiap unsur-unsur Komunikasi nonverbal yang terkandung pada Kesenian tari Topeng Cirebon.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Makna, Kesenian Tari Topeng, Cirebon.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24952

Actions (login required)

View Item View Item