Makna Pesan Nonverbal dalam Breakdance (Studi Deskriptif makna Pesan Nonverbal dalam Breakdance Kelompok Wolf Squad di Kota bandung Tahun 2013)

Handini Mayangsari, Diah (2013) Makna Pesan Nonverbal dalam Breakdance (Studi Deskriptif makna Pesan Nonverbal dalam Breakdance Kelompok Wolf Squad di Kota bandung Tahun 2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna Pesan Nonverbal dalam Breakdance oleh Komunitas Wolf Squad di Kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang Makna pesan nonverbal yang terdapat pada gerakan, ekspresi wajah dan busana yang ditampilkan oleh kelompok Wolf Squad dalam pertandingan Battle Breakdance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan studi deskriptif. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan pencarian data di internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman.Hasil penelitian yang diperoleh mengenai makna pesan nonverbal pada gerakan yaitu gerakan dalam breakdance memiliki tiga tahap yaitu gerakan pembuka dengan pesan nonverbal yang didapat adalah merupakan gerakan selamat datang, gerakan inti dengan pesan nonverbal yang didapat adalah merupakan gerakan yang menunjukkan kesombongan keahlian dan gerakan penutup memiliki pesan nonverbal yang merupakan gerakan sampai jumpa. Untuk pesan nonverbal pada ekspresi wajah didapat bahwa setiap ekspresi wajah yang ditampilkan breakers adalah sesuai dengan kharakter yang ingin diciptakan oleh masing-masing breakers, pesan yang tersirat dalam ekspresi wajah adalah sebuah tantangan dari breakers pada breakers lain untuk bertarung dalam tarian breakdance. Pesan nonverbal pada busana tergantung pada kharakter apa yang ingin disampaikan oleh breakers melalui busana yang dikenakan sebagai penyampaian pesan bahwa inilah jati dirinya yang siap untuk bertanding dalam pertandingan battle breakdance.Kesimpulan makna pesan nonverbal dalam pertandingan battle breakdance terdapat pada gerakan, ekspresi wajah dan busana yang ditampilkan. Setiap komponen memiliki makna pesan yang menunjukkan suatu tantangan kepada lawan untuk menunjukkan keahlian menari breakdance dengan penuh kesombongan dan kepercayaan diri.Saran peneliti, sebaiknya tarian breakdance ini lebih didukung oleh semua lapisan masyarakat sebagai pengalihan dari segala kegiatan negatif kaum muda agar lebih terarah positif, namun di dalam penerapan atribut, busana dan gerakan disarankan untuk menggabungkan dengan budaya Indonesia agar tidak lepas dari identitas kita sebagai negara Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Makna Pesan Nonverbal dalam Breakdance melalui Gerakan, Ekpresi Wajah dan Busana
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24955

Actions (login required)

View Item View Item