Proses Komunikasi Anak Indigo dengan Orang Tua (Studi Deskriptif Tentang Proses Komunikasi Anak Indigo Dalam Berinteraksi Dengan Orang Tua di Kota Bandung)

Marisca, Lisbeth (2013) Proses Komunikasi Anak Indigo dengan Orang Tua (Studi Deskriptif Tentang Proses Komunikasi Anak Indigo Dalam Berinteraksi Dengan Orang Tua di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi anak indigo dalam berinteraksi dengan orang tuanya, sehingga peneliti mencoba untuk dapat memaparkannya melalui pemahaman komunikasi primer dan sekunder yang terjadi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi non partispan, studi pustaka, dan internet searching. Informan berjumlah 4 orang dan key informan 1 orang yang ditentukan melalui teknik purposif sampling. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Penelitian dilakukan di Kota Bandung, dimulai dari bulan Februari-Juli 2013.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi primer anak indigo dalam berinteraksi dengan orang tuanya melalui penggunaan bahasa, tidak cukup kuat untuk dapat memaknai pesan anak indigo karena perbedaan cara pandang dalam memahami objek-objek pembicaraan. Komunikasi nonverbal melalui penggunaan gambar, perilaku,dan sikap anak indigo dapat menunjang pemahaman orang tua dalam mengilustrasikan objek-objek abstrak yang ditunjukan anak indigo. Komunikasi sekunder anak indigo dalam berinteraksi dengan orang tuanya dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan media massa dapat menunjang bentuk visualisasi gambar yang konkret guna menyamakan persepsi acuan objek yang dibicarakan. Media massa menjadi media pembelajaran orang tua untuk mengetahui sifat indigo yang dimiliki anaknya. Media nirmassa hanya dijadikan sebagai pelengkap tetapi tidak menunjukan fungsi signifikan dalam menunjang interaksi anak indigo dengan orang tuanya.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi yang terjadi antara anak indigo dan orang tua menemukan beberapa kesulitan yang terkait dengan perbedaan cara pandang dan pengalaman antara anak indigo dan orang tua.Saran bagi penelitian ini diharapkan bahwa orang tua dapat memaksimalkan komunikasi massa seperti melalui media televisi, film atau lainnya dalam mendukung pemahaman pesan yang disampaikan anaknya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: proses komunikasi, anak indigo, komunikasi primer, komunikasi sekunder.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24958

Actions (login required)

View Item View Item