Makna Simbol Pengretret Rumah Adat Batak Karo (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce Mengenai Makna Simbol Pengretret Rumah Adat Batak Karo di Sumatera Utara)

Fauzi, Jufli (2013) Makna Simbol Pengretret Rumah Adat Batak Karo (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce Mengenai Makna Simbol Pengretret Rumah Adat Batak Karo di Sumatera Utara).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Mengenai Makna Simbol Pengretret Rumah Adat Batak Karo di Sumatera Utara. Untuk menganalisis Makna Simbol Pengretret Rumah Adat Batak Karo tersebut maka dianalisa tentang tanda, objek dan interpretan mengenai simbol tersebut.Tipe penelitian adalah kualitatif, Metode penelitian yang digunakan adalah analisis dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka, internet searching. Teknik penentuan informan dipilih berdasarkan teknik purporsive sampling, informan peneliti adalah ketua adat sekaligus pakar karo. Teknik Analisis Data yaitu Kategorisasi dan reduksi data, Sajian data, dan Penarikan kesimpulan.Hasil penelitian adalah Tanda pada simbol pengretret rumah adat batak karo adalah kerajinan tangan tradisional, maskot, larangan untuk orang-orang yang ingin berbuat jahat pada penghuni rumah. Objeknya adalah binatang cicak atau kadal, sistem kekerabatan, pengikat derpih (dinding), dan penolak bala atau roh-roh jahat. interpretan adalah yang diinterpretankan yaitu simbol pengretret pada rumah adat batak karo.Kesimpulan peneliti adalah makna simbol pengretret rumah adat batak karo merupakan suatu bentuk penganalisaan terhadap suatu bentuk elemen-elemen yang terbagi akan 3 komponen, yaitu tanda, objek, dan interpretan.Saran penelitian adalah untuk penelitian selanjutnya, mengenai simbol. Sangat menarik dijadikan penelitian jika mengetahui ragam budaya di Indonesia yang kaya akan simbol-simbol budaya warisan nenek moyang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotik Charles S. Pierce, Representamen, Objek, Interpretan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24961

Actions (login required)

View Item View Item