Representasi Kekerasan dalam Film Crows Zero (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Kekerasan dalam Film Crows Zero)

Kurniawan, Reno (2013) Representasi Kekerasan dalam Film Crows Zero (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Kekerasan dalam Film Crows Zero). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui makna semiotik tentang pesan kekerasan yang terdapat dalam film Crows Zero, menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film Crows Zero yang berkaitan dengan pesan kekerasan, yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi yang merupakan kode-kode televisi John Fiske. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film Crows Zero dengan membagi kedalam tiga sequence yaitu sequence Prolog, Ideological Content, dan Epilog yang merepresentasikan 3 level yaitu level realitas, level representasi, level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi kekerasan dalam film Crows Zero, terdapat tiga level yang sesuai dengan kode-kode televisi John Fiske.Pada level realitas menggambarkan penyampaian pesan kekerasan yang terkodekan melalui penampilan, kostum, riasan, lingkungan, perilaku, gerakan, dan ekspressi. Level representasi mengulas teknis tentang film Crows Zero mulai dari segi kamera, editing, efek suara hingga dalam kode konvensional seperti konflik, dan dialog banyak tersampaikan pesan kekerasan. Lalu yang terakhir level ideologi, yaitu pesan yang ingin disampaikan dalam film Crows Zero, dan penulis menemukan pesan kekerasan dalam film Crows Zero melalui adegan �� adegan yang ada pada tiap sequencenya. Peneliti juga menghubungkan pesan film Crows Zero ini dengan teori Ideologi Hegemoni Antonio Gramsci, yang mengacu pada dominasi suatu kelas sosial atas yang lain, bagaimana tokoh utama yakni Genji digambarkan sebagai tokoh Hegemonik yang berhasil membuat perubahan disekolah Suzuran. Peneliti memberikan saran bagi universitas agar lebih banyak mengulas tentang semiotika, dan untuk peneliti selanjutnya agar membuat skripsi serupa dengan lebih baik lagi, lalu saran bagi masyarakat agar dapat memilah kembali tontonan yang akan di tontonnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kode �� kode televisi, Crows Zero
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

View Item View Item