Pengelolaan Kesan Vokalis Wanita Berhijab di Kota Bnadung (Studi Dramaturgi Pengelolaan Kesan Vokalis Wanita Berhijab di Kota Bandung)

Puspa Yulantika, Ayu (2013) Pengelolaan Kesan Vokalis Wanita Berhijab di Kota Bnadung (Studi Dramaturgi Pengelolaan Kesan Vokalis Wanita Berhijab di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui panggung depan, panggung tengah, panggung belakang dan pengelolaan kesan vokalis wanita berhijab di kota Bandung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi dramaturgi. Informan penelitian ini melibatkan 3 (tiga) orang sebagai informan penelitian dan 3 (tiga) orang sebagai informan pendukung. Data sendiri diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi literatur, penelusuran internet, dan sumber pustaka lainnya. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, evaluasi. Kemudian uji keabsahan data dengan triangulasi data.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kesan pada panggung depan seorang vokalis wanita berhijab di Kota Bandung dilihat dari aspek seperti penampilan dan gaya yang disesuaikan dengan karakter grup band yang menaungi. Kemudian pada panggung tengah seorang vokalis wanita berhijab mempersiapkan pakaian, latihan dan penguasaan situasi dan kondisi sebelum naik ke atas panggung. Sedangkan pada panggung belakang seorang vokalis wanita berhijab di Kota Bandung, mereka kembali pada jati diri mereka yang sesungguhya. Selain itu, citra diri yang hendak dicapai oleh para vokalis wanita berhijab di Kota Bandung setelah melakukan pengelolaan kesan adalah citra diri yang positif, guna memudahkan karier dan cita-cita mereka.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kesan yang dilakukan oleh seorang vokalis wanita berhijab di Kota Bandung lebih disesuaikan kepada citra yang dibentuk dari grup band yang menaungi mereka. Pada akhirnya menimbulkan kesan tertentu hingga membentuk citra diri yang merepresentasikan citra dari grup band yang menaungi mereka tersebut.Saran yang dapat peneliti berikan adalah lebih baik lagi dalam persiapan sebelum tampil dan tidak melakukan pengelolaan kesan yang dapat berdampak negatif bagi pelaku dan grup bandnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kesan, Vokalis, Hijab
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24970

Actions (login required)

View Item View Item