Makna Logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Mengenai Makna Logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat)

Kusumawardhani, Ismiryana (2013) Makna Logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Mengenai Makna Logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Mengenai Makna Logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisa dari tanda, objek, dan interpretan mengenai makna logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat. Tipe penelitian ini adalah, kualitatif. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam melaksanakan penelitian ini yaitu pedndekatan kualitatif dengan analisis semiotika. Sebagian besar penelitian ini adalah murni analisis dari peneliti sendiri dengan wawancara sebagai data sekunder serta didukung oleh studi pustaka yang dapat mendukung dalam penelitian ini. Untuk informan,terpilih Ketua Umum dan Ketua Harian yang sekaligus sebagai pendiri organisasi Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling.Hasil dari penelitian ini adalah tanda dari logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat merupakan keseluruhan dari tanda-tanda yang ada di dalam elemen-elemen dasar Majelis Adat Budaya Melayu. Objek dari logo Majelis Adat Budaya Melayu adalah suatu tanda yang ada didalam benak pemikiran dari pembuat logo. Interpretan dari logo Majelis Adat Budaya Melayu adalah suatu bentuk pemaknaan dari segala proses pencapaian arti yangdisampaikan oleh suatu bentuk tanda, dan elemen-elemen yang terdapat dalam logo ini adalah yang diinterpretankan yaitu logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat.Hasil kesimpulan ini Analisis Semiotik dari logo Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat merupakan suatu bentuk penganalisaan terhadap suatu bentuk elemen-elemen yang terbagi akan 3 komponen, yaitu tanda, objek, dan interpretan. Saran dari penelitian ini agar lebih memahami apa itu arti dari sebuah logo termasuk pemaknaan di setiap elemen-elemen dasar dari logo tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Tanda, Objek, Ikon, Simbol
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24972

Actions (login required)

View Item View Item