Representasi Cinta Tanah Air dalam Film 5 cm (Analisis Semiotika John Fiske mengenai Representasi Cinta Tanah Air dalam Film 5 cm)

Larasati, Gita (2013) Representasi Cinta Tanah Air dalam Film 5 cm (Analisis Semiotika John Fiske mengenai Representasi Cinta Tanah Air dalam Film 5 cm).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi makna cinta tanah air dalam film 5cm. Film ini merupakan film yang mempunyai pesan tentang mimpi, persahabatan, dan nasionalisme.Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika John Fiske untuk mengetahui dari level realitas, level representasi, dan level ideologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan pencarian data melalui media internet.Hasil penelitian menunjukan bahwa film 5cm. merupakan film yang merepresentasikan makna cinta tanah air melalui beberapa bagian film yang menghasilkan pesan. Dari level realitas menunjukan ada pesan yang tersembunyi bahwa mereka mempunyai jiwa yang nasionalis. Level representasi memperlihatkan dari pengambilan gambar yang menampilkan keindahan dan kekayaan alam di Indonesia. Level ideologi menunjukan bahwa mereka mengajak masyarakat Indonesia, khususnya kalangan muda untuk bisa lebih mencintai dan menghargai yang Indonesia miliki.Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa film ini berusaha untuk membuat masyarakat bisa lebih mencintai tanah air kita berikut semua keindahan yang ada didalamnya, serta merawat dan menjaga kelestariannya.Peneliti memberikan saran untuk perfilman Indonesia, agar lebih kreatif, dari segi genre, cerita, dan selektif dalam pemilihan karakter. Lebih mengedepankan film yang memiliki banyak makna positif, dan berimajinatif dalam visualisasi dan saran bagi masyarakat, agar film yang ditonton bisa mereka kontrol oleh pemikiran masing-masing, karena film banyak mengandung pesan tersembunyi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotika, cinta tanah air, media massa, film
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24976

Actions (login required)

View Item View Item