Strategi Komunikasi Public Relations dalam Melakukan Perubahan Identitas Perusahaan (Studi Kasus Strategi Komunikasi Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero)Dalam Melakukan Perubahan Identitas Perusahaan)

Rahma Putra, Anggi (2013) Strategi Komunikasi Public Relations dalam Melakukan Perubahan Identitas Perusahaan (Studi Kasus Strategi Komunikasi Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero)Dalam Melakukan Perubahan Identitas Perusahaan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi public relations PT Kereta Api Indonesia (persero) dalam melakukan perubahan identitas perusahaan. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan tiga sub fokus yang dijadikan sebagai rumusan masalah yaitu perubahan logo, perbaikan fasilitas pelayanan, dan sosialisasi tarif baru (ticketing).Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan adalah Manager dan Junior Manager Image Care PT Kereta Api Indonesia , yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, serta 3 orang penumpang kereta api dengan jenis kriteria kereta yang berbeda. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, studi literatur, dokumentasi, penelusuran data online, dan observasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Uji keabsahan data memakai triangulasi, diskusi teman sejawat, dan memberchek.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perubahan identitas perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Perubahan logo, Perbaikan Fasilitas Pelayanan, dan Sosialisasi Tarif Baru (ticketing) strateginya banyak dilakukan dengan cara sosialisasi ke masyarakat. Baik itu melalui launcing, media cetak, elektronik, dan internet. Dari sosialisasi yang terus dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) itu, masyarakat akan memberikan sebuah penilaian baru atau identitas baru terhadap PT Kereta Api Indonesia.Sebagai simpulan dalam penelitian ini, perubahan logo, perbaikan fasilitas pelayanan, dan sosialisasi tarif baru (ticketing) merupakan salah satu dari bentuk strategi komunikasi yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam melakukan perubahan identitas perusahaan. Dengan mengetahui proses dan teknik komunikasinya di dalamnya, maka akan terlihat bentuk perubahan identitas yang baru dari PT Kereta Api Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perubahan identitas perusahaan, perubahan logo, perbaikan fasilitas pelayanan, sosialisasi tarif baru (ticketing)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24977

Actions (login required)

View Item View Item